Changhong H2, Ponsel Dengan Sensor Molekular Yang Bisa Mengidentifikasi Makanan

oleh

Di era teknologi saat ini, keberadaan sebuah ponsel atau telepon seluler bukan hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja, namun lebih dari itu perangkat ponsel saat ini bisa difungsikan sebagai dokter pribadi yang bisa memeriksa kesehatan penggunanya.

Changhong sebagi salah satu produsen elektronik asal China yang juga memproduksi ponsel pintar Android, baru saja mengumumkan keberadaan perangkat ponsel terbaru yang bernama Changhong H2, ponsel yang dipamerkan di acara Consumer Electronic Show (CES) 2017 di Las Vegas, AS itu telah memukau banyak pengunjung.

Sebagai sebuah ponsel pintar ia tidak hanya mampu digunakan sebagai alat komunikasi telepon dan SMS saja, namun lebih dari itu, dengan berbekal sensor molekular yang dibenamkan kedalamnya, ponsel pintar besutan Changhong itu mampu mendeteksi sejumlah informasi dari makanan yang dipindainya melalui kamera yang ada pada ponsel tersebut.

Dengan memancarkan cahaya ke sebuah objek, ponsel itu akan bisa memeriksa kandungan apa yang terdapat dalam objek yang dipindainya, untuk makanan ia mampu melihat seberapa banyak kandungan gula dan unsur nutrisi apa saja yang ada dalam makanan tersebut, ponsel itu bahkan dapat pula mengukur kandungan lemak dalam tubuhatau lebih jauh lagi, seperti yang di-demokan pada video di bawah ini, ponsel tersebut bahkan bisa melihat mana obat palsu dan obat yang asli.

Menurut sang produsen, ponsel ini juga diklaimnya memiliki tingkat efisiensi yang jauh lebih baik dibanding ponsel-ponsel sejenis yang ada di pasaran, di otaki dengan prosesor octa-core 2.0 GHz, ponsel ini juga memiliki layar yang cukup lega dengan bentangan layar 6 inci.

Belum ada kabar kapan ponsel pintar ini akan mulai tersedia di pasaran, namun besar kemungkinan bahwa pihak Changhong akan segera merilisnya untuk pasar Tiongkok mulai tahun ini, dari informasi yang kami dapat melalui laman PhoneArena disebutkan bahwa kemungkinan ponsel Changhong H2 akan dipasarkan dikisaran harga Rp. 5 juta-an, harga yang cukup masuk akal mengingat kemampuan dan fitur yang dimilikinya sangat bermafaat bagi kesehatan para penggunanya.

Sumber PhoneArena, VentureBeat