Teman Yang Dapat Menarik Kita Ke Surga

oleh

Memilih teman yang baik adalah sesuatu yang tak bisa dianggap remeh. Karena itu, Islam mengajarkan agar kita tak salah dalam memilihnya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Seseorang itu tergantung pada agama temannya. Oleh karena itu, salah satu di antara kalian hendaknya memperhatikan siapa yang dia jadikan teman”. Sudah dapat dipastikan, bahwa seorang teman memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap temannya. Teman bisa mempengaruhi agama, pandangan hidup, kebiasaan dan sifat-sifat seseorang. Memilih teman yang salah dapat merusak hidup kita di dunia dan akhirat. Sebaliknya, mampu memilih teman yang tepat dapat membuat kita sukses di dunia bahkan selamat di akhirat. Seorang teman bahkan dapat menyelamatkan seseorang yang sedang disiksa di dalam neraka.

Diriwayatkan, bahwa apabila penghuni syurga telah masuk kedalam syurga, lalu mereka tidak menemukan sahabat-sahabat mereka yang dahulu selalu bersama mereka saat di dunia.

Mereka bertanya tentang sahabat-sahabat mereka kepada Allah:
“Yaa Rabb, kami tidak melihat saudara-saudara kami yang sewaktu di dunia salat bersama kami, puasa bersama kami,….” Maka Allah berfirman: “pergilah ke neraka, lalu keluarkan sahabat-sahabatmu yang di hatinya ada iman walaupun hanya sebesar zarrah”
(Riwayat Ibnul Mubarak dalam kitab “az-Zuhd”). Al-Hasan Al-Bashri berkata: “perbanyaklah sahabat-sahabat mukminmu, karena mereka memiliki syafa’at pada hari kiamat” [JP Team]