Selain Sebagai Pendidik, Guru Adalah Pendongeng yang Baik

oleh

selamat hari guruGuru memiliki peran ganda dalam hidupnya. Selain  sebagai seorang pendidik, mereka  juga dituntut untuk menggantikan peran orang tua di sekolahnya. Sudah sering pula kita mendengar kalimat “Orang Tua Seorang Siswa Di Sekolah Adalah Guru”. Jadi apapun yang terjadi di sekolah Gurulah yang bertanggung jawab terhadap para siswanya.

Kebanyakan guru bisa menjadi para pendongeng yang hebat. Yang tak kenal lelah untuk memberikan motivasi ataupun sharing pengalaman ketika kondisi pelajaran di kelas tengah mengalami kejenuhan. Mensiasati cara/metode mengajar agar tak monoton dan serius, biasanya Guru selalu mengambil cara story telling di tengah-tengah mata pelajaran yang sedang di ajarkannya. Bahkan ketika Mereka melihat suasana anak-anak sudah tidak respek, mengantuk, mulai asyik dengan segala kegiatan seperti bercanda sama teman atau bahkan cuek melamun, Guru yang sigap akan kondisi tersebut biasanya melakukan break dengan mengalihkan fokus belajar ke arah yang lebih santai dan membangun suasana hangat. Mereka biasanya membuka suasana dengan bercerita tentang kisah-kisah lucu yang mengandung pesan moral, dongeng-dongeng jenaka atau menceritakan nostalgia masa lalu, atau memberikan kisah-kisah sukses orang-orang hebat yang telah ia didik selama ini.

Dengan memberikan materi berupa kisah atau dongeng juga merupakan strategi mengajar yang dilakukan guru agar siswa di harapkan mudah mencerna pelajaran karena dalam unsur penceritaan, siswa lebih bisa memahami dengan nalar yang cepat dan mudah masuk ke dalam ingatan/otak.

Begitulah tugas seorang guru selain mengajarkan pelajaran formal, juga memiliki tugas lain, yaitu mengajarkan siswa-siswa tentang bagaimana menjadi manusia yang baik. Oleh sebab itulah, menjadi guru tak bisa dinilai dengan kepunya atau ketidakpunyaan sebuah sertifikasi  semata, namun menjadi guru merupakan orang yang cerdas untuk mendidik seorang anak manusia yang dari tidak bisa menjadi bisa.

Guru menjadi salah satu aktor yang ada di balik suksesnya seseorang. Apa yang membentukmu di masa depan bisa jadi ditentukan dari cara para guru mengajar di kelasnya.

Jadi menghormati guru bukan semata karena ia orang yang mengajarkan kita di sekolah, namun menghormati guru adalah cara terbaik kita untuk mendapatkan berkah dari ilmu yang di berikannya pada kita.

Selamat Hari Guru. Pahlawan tanpa tanda Jasa, semoga kesejahteraan yang merata bukan hanya slogan, tapi bisa jadi kenyataan. (RN berbagai sumber)