Jembatan Gantung Wisata Penangkaran Rusa Ambruk, Wisatawan Terluka

oleh

074972900_1514811056-IMG_20180101_185422Jembatan sepanjang 50m yang terbuat dari bambu dan padat pengunjung di lokasi wisata Penangkaran Rusa Cariu, Desa Buana Jaya, Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, ambruk, Senin (1/1/2018).

Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menyebutkan, 33 pengunjung luka akibat ikut terjatuh ke sungai saat menyeberangi menuju lokasi penangkaran.

Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor Budi Pranowo mengatakan, peristiwa jembatan ambruk itu terjadi pada pukul 14.20 WIB. Saat itu, puluhan wisatawan tengah melintasi jembatan gantung untuk menuju wisata Penangkaran Rusa Cariu yang dikelola PT Perhutani.

Namun, tiba-tiba jembatan yang melintasi sungai Cibeet itu ambruk.

Sontak, puluhan pengunjung yang terdiri dari anak-anak, ibu-ibu, dan remaja ini ikut tercebur ke sungai. Sebagian lainnya jatuh ke bebatuan pinggir sungai.

“Data sementara ada 33 orang. Tiga luka berat, 3 luka sedang, dan 27 lainnya luka ringan,” kata Budi saat dikonfirmasi.

Saat ini, seluruh korban sudah dievakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Cileungsi dan Puskesmas Tanjungsari.

“Satu luka berat dirujuk ke RSUD Ciluengsi,” kata dia.

Sementara itu, Kapolsek Tanjungsari Iptu Muhaemin mengaku masih menyelidiki penyebab ambruknya jembatan tersebut. Namun dia belum bisa memastikan berapa jumlah korban luka akibat peristiwa itu.

“Kami masih lakukan pendataan,” ujar Muhaemin. [rls]