Tiga Tersangka Narkoba Ditangkap SatNarkoba Polres Subang Dengan Barang Bukti Senpi

oleh

003Satuan Reserse Narkoba Polres Subang berhasil menangkap tiga tersangka dengan barang bukti  Narkoba jenis Shabu dan Ganja. Hal ini disampaikan Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni dalam Press konperence di depan seluruh awak media.

Barang bukti berupa satu bungkus klip berupa shabu brutto 0,14 gram dalam bungkus permen relaxa. Satu buah pipet kaca berisi karamel sisa pembakaran shabu yang terpasang pada alat hisap shabu/bong. Satu buah lintingan kertas pahpir sisa bakar berisi ganja brutto 0,18 gram. Satu pucuk senjata api rakitan berbentuk revolver. Empat buah amunisi kaliber 5,56 dan 7 lembar STNK R2.

Tiga tersangka tetrsebut berinisial KK, 25 tahun, berjenis kelamin laki-laki dengan alamat KTP Dusun Poponcol Desa Salam Jaya Kecamatan Pabuaran Subang. DD, 33 tahun, laki-laki alamat Dusun Poponcol Desa Salamjaya Kecamatan Pabuaran Subang. SU, kelahiran Karawang, 35 tahun, alamat Kampung Sadang Desa Jatiragas Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang.

Kronologis penangkapannya yaitu bermula dari informasi masyarakat, pada hari senin tanggal 19 Maret 2018 sekira pukul 19.00 WIB. Bertempat di jalan raya Sarengseng Pabuaran, Desa Pabuaran Kecamatan Pabuaran Subang telah dilakukan penangkapan tersangka KK. KK ini menyimpan dan memiliki barang berupa satu bungkus plastik Klip berisi Shabu brutto 0,14 gram dalam permen Relaxa. Berdasarkan proses pemeriksaan barang bukti narkoba tersebut didapat dari tersangka DD.

DD dan SU kemudian ditangkap di rumahnya dusun Poponcol berdasarkan pengembangan dari kasus KK. Setelah dilakukan penggeledahan pada penangkapan sekitar jam 19.30 malam, didapati barang bukti berupa Satu buah pippet kaca berisi karamel/sisa pembakaran sabu yang terpasang pada alat hisap/bong. Satu buah lintingan kertas pahpir sisa bakar berisi ganja, disita dari tersangka DD.

Sedangkan satu pucuk senjata api rakitan berbentuk revolver dan empat buah aminuisi kaliber 5,56 serta tujuh lembar STNK R2 disita dari tersangka SU.

Dalam proses penyidikan, DD mengaku sabu didapat atas penitipan dari SU. Adapun untuk senjata rakitan berikut amunisinya dikatakan SU didapat dari narapidana/warga binaan dalam Lapas di jawa Timur.

Ketika dikonirmasi tentang kepemilikan senjata api itu sendiri Kapolres Muhamad Joni dalam keterangannya masih dalam proses penyelidikan. “Hal itu kita akan lakukan penyelidikan lebih lanjut dan pengembangan perkara” terang Joni pada awak media.

“Menurut keterangan tersangka, STNK itu  dijadikan sebagai barter shabu. Tapi hal itu masih dalaam proses penyidikan lebih lanjut lagi” l;anjut Muhamad Joni lagi.

Penanganan perkara penyalahgunaan Narkoba golongan 1, tersangka DD, KK dan SU dilakukan oleh Penyidik Satuan Reserse Narkoba Polres Subang. Sedang untuk kepemilikan, penguasaan senjata api dilakukan oleh penyidik Satuan Reserse Kriminal Polres Subang.

Ketiga tersangka tersebut ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat pasal 114, pasal 112 UURI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana minimal 4 – 15 tahun penjara. (Ratna Ning/JP)