Cara Tampilkan Animasi Binatang 3D di Google Search

oleh

Di saat situasi physical distancing ini, mungkin kamu akan merasa bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja. Memang pandemi virus corona yang terjadi saat ini, menuntut semua orang di rumah aja, yang bisa bikin bosan.

Tapi, ada hal yang bisa menjadi peliru larang saat physical distancing dengan bermain hewan 3D melalui Google Search. Jadi, dengan teknologi AR (augmented reality) kamu bisa membawa hewan-hewan liar ke dunia nyata dalam bentuk 3D. Seru, kan?

Ini bukan fitur baru dari Google. Ia sudah diperkenalkan sejak 2019 lalu, tapi belakangan ini memang viral saat kondisi physical distancing. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan buat media pembelajaran anak-anak untuk mengenal hewan-hewan dan melihatnya secara langsung, walau hanya bentuk 3D.

Tapi perlu diingat! Tidak semua smartphone Android dan iPhone sudah support dengan fitur AR ini. Ada software bernama ARCore yang hanya support perangkat tertentu dengan sistem operasi minimal Android 7.0 atau yang lebih baru. Untuk iPhone, ARCore hanya bisa di iOS 11 ke atas. Untuk melihat daftar perangkat yang support bisa cek di sini.

Selanjutnya, setelah memastikan perangkat kamu sudah support ARCore, bisa langsung mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Kamu bisa buka aplikasi browser Chrome, lalu buka Google Search.
  2. Di Google Search, kamu bisa memasukan kata kunci nama hewan yang mau kamu lihat dalam bentuk 3D. Tidak semua hewan tersedia, berikut daftarnya: buaya, ikan anglerfish, beruang coklat, kucing , cheetah, anjing, bebek, burung rajawali, penguin, kambing, landak, kuda, singa, gurita, burung macaw, panda, ikan hiu, ular, harimau, penyu, dan serigala.
  3. Setelah hasil pencarian muncul, kamu bisa mengeser ke bawah untuk menemukan pilihan “Lihat dalam 3D”. Misalnya kamu mencari hewan serigala, maka geser ke bawah, klik “Lihat dalam 3D”, maka akan muncul serigala dalam bentuk 3D dengan latar belakang putih. Kamu bisa memperbesar gambar dan memutarnya 360 derajat sesuka hati.
  4. Kamu mau lihat Serigala vitual ini di dunia nyata, maka di halaman tersebut, pilihlah “View in your space”. Lalu izinkan Google mengakses kamera. Eureka! Serigala virtual itu sekarang ada di kamar kamu atau di mana saja, saat kamu membidik kamera.
  5. Kamu juga masih bisa memperbesar atau memperkecil gambar serigala, juga memutarnya 360 derajat. Dengan menekan gambar serigala, kamu bisa melihatnya bergerak dan mengeluarkan suara mirip dengan aslinya. Kemudian, kamu bisa menyimpan gambar serigala virtual ini di galeri perangkat.

Bagaimana, menarik? Yuk, isi kegiatan physical distancing kamu dengan hal-hal yang positif.

Sumber: Kumparan