Ponggang Perbarui Aparatur Desa

by
Kepala Desa Ponggang, Kecamatan Serang Panjang, Asep “Hoer” Suryana, (ketiga dari kiri) menyaksikan serahterima jabatan ketua RW, Selasa (29/06/2020)

Subang, JPOL- Pembaharuan aparatur desa dilakukan sebagai salah satu bentuk peningkatan pelayanan terhadap masyarakat.

Demikian diungkapkan Kepala Desa Ponggang, Kecamatan Serang Panjang, Asep “Hoer” Suryana, saat serahterima ketua RW 03 di desa tersebut, Selasa (29/06/2020).

“Serahterima jabatan ini, bukan hanya sekadar simbolisasi semata, namun harus segera diaplikasikan dalam kinerja, salahsatunya adalah serah terima database kependudukan,”ujar Asep.

Menurut Asep, data kependudukan di Desa Ponggang sudah 95% valid, karenanya harus lebih ditingkatkan lagi.

“Harus tertib dari hal-hal terkecil, jangan sampai dilupakan. Data kependudukan di Desa Ponggang sudah 95% valid. Ketua RW harus melaporkan kelahiran sampai kematian, jangan membeda-bedakan status masyarakat,”tambahnya.

Untuk meningkatkan kinerja aparatur desa, menurut Asep, seluruh aparaturnya sudah mendapatkan sarana informasi, bantuan dari Gubernur Jawa Barat.

“Semua RW di Desa Ponggang ini sudah memiliki HP, bantuan dari Gubernur. Oleh karenanya, aset ini pun diserahterimakan,”jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, mantan ketua RW 03, Ali Atib, menyerahkan seluruh aset kepada ketua RW 3 terpilih, Asep Saputra.

Dalam kesempatan lain, Ketua BPD Desa Ponggang, Dwinarko mengatakan, pemilihan yang telah dilakukan hingga telah dilakukan serah terima jabatan, karena ada aturan Pemerintah.

“Karena LKD ( Lembaga Kemasyarakatan Desa, red) aparatur desa yang usia lanjut, harus segera diganti, aturan Pemerintah dibatasi usia,” ujar Dwi.

Proses restrukturisasi tersebut, tambah Dwi, dimulai dari dusun 2 dan akan diikuti oleh dusun lainnya.

“Maksimal, usia Ketua RW 60 tahun,”tegasnya.

Selain data kependudukan, Dwi juga mengingatkan kepada Ketua RW baru, agar segera melakukan validasi data penerima bantuan.

“Dengan data yang kemarin, banyaknya tumpang tindih, menjadi sebuah evaluasi bagi pemerintahan desa Ponggang,” tambahnya.

Dengan lengkapnya LKD, tambah Dwi, dimana ada ketua RW, Sekretaris dan bendahara, membuat alur pemerintahan lebih baik lagi.

Penulis: @agusekoms