Benarkah Belanja Bisa Jadi Obat Hilangkan Stres? Ini Jawabannya

by

JPOL – Masalah keluarga, kantor, finansial sampai urusan hati kerap membuat kita stres. Jika tidak segera diatasi lambat laun bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Untuk mengatasinya, beberapa orang kerap melakukan ‘Me Time’ dengan massage, travelling sampai berbelanja.

Menurut penelitian terapi belanja bisa membantu seseorang menghilangkan kesedihan bahkan sampai stres. Hasilnya, penelitian ini menemukan bahwa membeli sesuatu 40 kali lebih efektif dalam memberikan kontrol kepada seseorang yang diserang rasa sedih.

Alih-alih menghilangkan stres, malah menjadi kecanduan dan boros. Tentu kamu tidak mau itu terjadi kan. Apalagi saat ini, belanja sudah bisa dilakukan dengan daring alias online. Lebih cepat dan mudah. Maka dari itu, ada hal yang perlu dicermati. Berikut tips yang bisa ditiru.

Pilih kebutuhan bukan keinginan

Kemudahan saat belanja online, kita bisa menemukan ribuan produk dengan mudah. Dengan kemudahan itu kerap membuat seseorang lapar mata. Alhasil, berbelanja tidak sesuai kebutuhan. Malah tambah stres jadinya.

Hal itu bisa disiasati dengan membuat list kebutuhan apa yang ingin kita belanjakan. Jadi saat datang stres, kamu bisa mengalihkan perhatian stres dengan belanja kebutuhan yang diperlukan. Sebagai contoh, jika kamu ingin membeli sebuah pakaian, pastikan bahwa pakaian itu memang diperlukan ya. Jika tidak perlu, lebih baik membeli kebutuhan lainnya.

Ingat, buang jauh-jauh pikiran membeli barang yang tidak sesuai kebutuhan kamu.

Alokasikan dana

Bagi kamu yang kerap stres dengan intensitas sering, tidak ada salahnya mengalokasikan sejumlah uang untuk kamu berbelanja. Tetapi perlu dingat, jangan terlalu dijadikan prioritas. Dengan mengalokasikan sejumlah uang untuk belanja, membuat kamu lebih mawas diri ketika belanja. Jadi tidak boros.

Catat pengeluaran

Setelah belanja barang untuk menghilangkan stres, jangan lupa untuk dicatat pengeluarannya. Kamu bisa catat di buku keuangan, dengan menuliskan pengeluaran yang digunakan, bisa membantumu mengatur keuangan saat membeli barang.

Manfaatkan promo

Siapa yang tidak suka diskon maupun promo? Hampir semua orang suka dengan hal itu. Kamu bisa manfaatkan promo saat kamu ingin belanja. So, pengeluaran bisa lebih hemat dan stres pun hilang.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan ialah menggunakan promo kartu kredit yang kamu miliki atau aplikasi fintech lainnya. Karena seperti kita tahu sejumlah layanan aplikasi dompet digital biasanya kerap memberikan promo menarik yang bisa kamu manfaatkan.

Sumber: Liputan6