Foto Viral: Ratusan Susuk Dalam Tubuh

by
Susuk Dalam Tubuh

JPOL – Pernahkah Anda melihat wujud susuk dalam tubuh? jika belum foto X-ray ini menunjukkan bagaimana ratusan susuk bersemayam dalam tubuh.

Baru-baru ini viral foto X-ray seorang wanita yang dipenuhi ratusan susuk dalam tubuh. Kabar tentang penampakan susuk di foto X-ray tersebut menyita perhatian warganet sepekan terakhir.

Adalah Tasqia Alifa Syabira, seorang calon dokter yang juga influencer terkenal di kalangan fans band K-Pop EXO, yang pertama kali mem-posting foto tersebut.

“Pasien wanita usia 55 tahun mau di X-ray. Nah kalo ini susuknya ada berapa? Itng sendiri deh ya:)” tulis Tasqia dalam unggahannya di Instagram @tasyabira.

Di unggahan tersebut, ia memberikan informasi singkat mengenai susuk. Katanya, susuk dalam dunia medis disebut sebagai Charm Needles. Umumnya, susuk akan terlihat jelas ketika seseorang melakukan X-ray mengingat susuk terbuat dari emas dan tembaga.

Namun ketika pengguna susuk tersebut harus dioperasi atau mengalami pembedahan, maka susuk yang dipakainya tidak akan terlihat. Jadi, penampakan susuk hanya bisa terlihat melalui X-ray saja.

“Susuk ini jarang menyebabkan komplikasi jadi biasanya pas di X-ray tuh kek “gak sengaja” ketemu. Di X-ray ada, tapi kalo dibedah ga ada gituuuu,” tambahnya.

Unggahan Tasqia ini viral setelah diunggah ulang oleh akun gosip @lambe_turah. Ketika dikonfirmasi, Tasqia mengaku tak menyangka unggahannya menjadi viral.

“Agak speechless sih, soalnya nggak nyangka bakal se-viral ini. Aku tahunya kalau viral nggak lama setelah trending di Twitter, banyak yang mention dan DM aku buat ngasih tau,” ungkapnya saat dihubungi, Jumat (18/9/2020).

Wanita yang kerap menang fansign dengan bintang K-Pop itu mengaku mendapatkan foto X-ray wanita yang di dalam tubuhnya terdapat susuk itu dari jurnal ilmiah berjudul Journal of Radiology Case Reports. Dalam jurnal tersebut ada foto X-ray yang diunggah ulang Tasqia di Instagram Story.

Tasqia mendapatkan foto X-ray wanita tersebut saat sedang mengerjakan laporan untuk tugas koas. Dia saat ini memang sedang menjalani koas di RSGM (Rumah Sakit Gigi dan Mulut) Trisakti.

“Awalnya gara-gara aku ngerjain laporan kasus untuk koas aku. Topiknya benda asing dalam gambaran radiologi dan kebetulan dalam hal ini, benda asingnya fenomena susuk. Dalam radiologi, susuk ini agak jarang. Walaupun masih terbilang aneh dan scientifically unexplained, karena setiap dilakukan pembedahan, susuk nggak ditemuin dan selalu berpindah-pindah tempatnya setiap foto X-ray, jadi agak tricky,” ungkap Tasqia.

Tasqia sendiri mengaku agak takjub saat melihat foto X-ray wanita dengan susuk di tubuh itu. Dia terheran karena ternyata benda magis seperti susuk memang benar adanya.

“Benar-benar ada dan itu nyata dari X-ray yang aku lihat sendiri. Secara teori dan kebetulan aku kerja di bidang kepala dan leher banyaknya di daerah itu. Cuma untuk kasus yang viral kemarin, itu bagian panggul yang paling banyak,” ucap wanita 22 tahun tersebut.

Akibat unggahan foto X-ray susuk itu, netizen terpecah belah. Ada yang percaya, ada yang tidak. Tak sedikit pula yang menganggap unggahan tersebut adalah cara Tasqia untuk mencari sensasi. “Pro kontra wajar sih, aku nggak begitu ambil pusing. Yang aku posting itu dari jurnal, sebagai referensi,” pungkas Tasqia.