BUMN dan BUMD Harus Bantu UMKM dan Petani

by -3 views

Subang, JPOL- Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kabupatrn Subang, harus membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masyarakat di Kabupaten Subang.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Subang, H. Ruhimat, atau Kang Jimat saat melaksanakan audiensi dengan para direksi BUMN dan BUMD Kabupaten Subang di Bukit Nyomot Desa Cintamekar Kecamatan Serangpanjang, kamis (15/10/2020).

“Program  perlindungan serta pemulihan ekonomi, utamanya di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk masyarakat di Wilayah Kabupaten Subang, harus segera dilakukan,” ujar Kang Jimat.

Salah satu caranya, tambah Kang Jimat, dengan bisa memberikan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) seringan-ringannya.

“Dengan meringankan dan memudahkan bantuan kredit usaha rakyat, para usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bisa terus berkembang dan perekonomiannya stabil,” tambah Kang Jimat

Menurut Kang Jimat, program perlindungan serta pemulihan ekonomi, utamanya di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), merupakan salah satu program Presiden Joko Widodo (Jokowi, red).

“Selain UMKM, BUMN dan BUMD yang ada fi Kabuoatrn Subang, harus turut membantu para petani juga,” tegas Kang Jimat.

Kondisi saat ini, menurut Kang Jimat, peran serta BUMN dan BUMD sangat perlu untuk membantu masyarakat menengah kebawah dalam hal meningkatkan perekonomian .

“Karena, menilai pentingnya pemerataan pembangunan, melalui penguatan kinerja BUMD dan BUMN tersebut, memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi,” jelasnya.

Kang Jimat juga mendorong agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) melakukan sinergi antar BUMD lainnya, juga dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terutama di kondisi saat ini, di tengah tekanan pandemi Covid-19.

“Selain itu juga, saya mengharapkan BUMD dapat meningkat kinerja dan layanannya untuk membangun daerah, sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi nasional di masa normal baru,” tambahnya.

Penulis: @agusekoms
Editor: Agus Eko MS
.