Kiper Persib Bandung Merasa Kerja Kerasnya Tak Sia-Sia

oleh
Dhika Bayangkara, Kiper Persib Bandung
Dhika Bayangkara, Kiper Persib Bandung

JPOL – Dhika Kiper Persib Bandung memperlihatkan progres bagus dalam masa latihan sepanjang pandemi, kini ia hanya tinggal menunggu kejelasan kompetisi.

Liga 1 2020 belum jelas kapan dimulai, dan klub masih mempersiapkan tim mereka dengan harapan bahwa kompetisi bisa dilaksanakan pada November mendatang, berdasarkan perubahan jadwal yang dilakukan oleh PSSI.

Baik PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tengah berusaha dan berharap supaya kompetisi bisa dilaksanakan bulan depan. Keputusan sejatinya ada di Kepolisian Republik Indonesia (Polri), yang berhak atas izin keramaian.

Kompetisi tertunda karena Polri belum mau mengeluarkan izin dengan alasan pandemi virus corona belum terkendali di Indonesia. Selain itu, adanya event Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) membuat mereka berat untuk mengeluarkan izin.

Kiper Persib Bandung, Dhika Bayangkara, hanya berlatih dan berlatih sambil menunggu kepastian. Penampilan Dika selama pramusim di masa pandemi ini dinilai ada progres yang bagus, terutama dilihat dari laga uji coba sejauh ini.

“Tetap berlatih bersama membuat saya senang. Karena kalau di rumah tanpa kegiatan bosan juga. Saya berharap ada kejelasan kompetisi dari PSSI. Sambil menunggu saya tetap fokus latihan,” ungkap Dhika, dikutip laman resmi Persib.

Progres Dhika terlihat ketika Persib menjalani gim internal, dengan mantan kiper TIRA Persikabo itu sulit dibobol. “Usaha saya berlatih selama ini berarti tidak sia-sia. Ada hasilnya. Semoga ke depannya bisa lebih baik,” ungkapnya.

PSSI sudah menyiapkan berbagai skema jika memang kompetisi kembali tak dapat dilaksanakan bulan depan. Bisa saja Liga 1 dijalankan pada Desember dengan penyesuaian format, atau bahkan Januari tahun depan, dengan tetap titel 2020.

Langkah ini diambil setelah semua klub setuju bahwa kompetisi musim 2020 harus tetap dijalankan. Mereka melakukan deklarasi pada pertemuan di Yogyakarta beberapa waktu lalu, yang menegaskan bahwa sepakbola harus tetap berlanjut.

“Ya banyak perubahan program. Saya bahkan sudah lupa berapa banyak perubahan yang kami lakukan musim ini. Kami juga akan membuat program baru November nanti kalau kompetisi digelar Januari,” ucap pelatih Persib, Robert Alberts.

“Tentu saja, di bulan November akan ada beberapa hari untuk istirahat, tapi itu bukan libur panjang, sebelum kami memulai latihan dengan intensitas tinggi nanti,” tutup pelatih berkebangsaan Belanda tersebut.