Anies Diperiksa 9 Jam Lebih Terkait Kerumunan Rizieq

by -4 views
Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tampak hadir dalam perayaan hari ulang tahun ke-12 Partai Gerindra di DPP Gerindra, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (6/2/2020). (Suara.com/Tyo

JPOL – Anies Diperiksa 9 Jam Lebih Terkait Kerumunan Rizieq, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah usai diperiksa untuk dimintai klarifikasi terkait kerumunan massa yang dihadiri oleh Habib Rizieq Syihab. Anies diperiksa sejak pukul 10.00 WIB hingga pukul 19.30 WIB.

Dalam kesempatan itu, Anies mengaku dicecar 33 pertanyaan oleh penyidik Polda Metro Jaya seputar insiden kerumunan massa tersebut.

“Alhamdulillah saya tadi sudah selesai memenuhi undangan untuk memberikan klarifikasi dan prosesnya berjalan dengan baik. Kemudian ada 33 pertanyaan yang tadi disampaikan menjadi sebuah laporan sepanjang 23 halaman,” ucap Anies usai diperiksa di Mapolda Metro Jaya, Selasa (17/11).

Semuanya sudah dijawab seusai dengan fakta yang ada, tidak ditambah tidak dikurangi.

Anies Baswedan

Namun, Anies tak menjelaskan pertanyaan apa saja yang ditanyakan kepada dirinya. Ia menyatakan biar pihak Polda Metro Jaya yang menyampaikan detail perihal pemeriksaan orang nomor satu di DKI Jakarta itu.

“Adapun detail isi pertanyaan, klarifikasi, dan lain-lain biar nanti menjadi bagian dari pihak Polda Metro Jaya untuk nanti meneruskan dan menyampaikan seusai kebutuhan,” jelasnya.

Selain Anies polisi juga memeriksa Wali Kota Jakarta Pusat, hingga Kasatpol PP DKI Jakarta soal kerumunan di pernikahan Habib Rizieq.

Kasatpol PP Hingga Lurah Juga Diperiksa soal Kerumunan Rizieq

Polda Metro Jaya melayangkan surat pemanggilan untuk mengklarifikasi insiden kerumunan masa pada kegiatan Habib Rizieq saat Maulid Nabi dan pernikahan putrinya.

Selain Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, penyidik Polda Metro juga melayangkan panggilan ke beberapa orang di lingkungan Pemprov DKI yakni Wali Kota Jakarta Pusat hingga Kasatpol PP DKI Jakarta.

“Ada 14 yang kita layangkan klarifikasi untuk bisa kita harapkan kehadirannya hari ini. Siapa-siapa saja dari 14 klarifikasi tersebut yang hadir hari ini, dan baru saja hadir Kasatpol PP. Jadi ada 10,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Selasa (17/11).

Yusri menyatakan, dari 10 orang yang dimintai klarifikasinya, satu orang dinyatakan reaktif virus corona. Dia adalah Lurah Petamburan, Jakarta Pusat.

“Dari ke 10 ini kita protokol kesehatan, kita uji swab antigen namanya. Satu orang lurah dari Petamburan positif COVID atau reaktif, yang sekarang kita rujuk ke RS Kramat Jati untuk lakukan uji lanjutan, karena memang pada swab antigen yang bersangkutan reaktif atau positif,” ujarnya.

“Jadi 9 sementara dilakukan pemeriksaan klarifikasi,” sambungnya.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendatangi Mapolda Metro Jaya untuk memberi klarifikasi atas insiden kerumunan massa itu. Anies tiba sekitar pukul 09.40 WIB.
“Saya menerima undangan klarifikasi tertanggal 15 November 2020 yang saya terima kemarin 16 November sampai di kantor pukul 14.00 siang mengundang saya untuk memberikan klarifikasi pada tanggal 17 jam 10.00 WIB,” kata Anies di Mapolda Metro Jaya.