Nick Kuipers Akan Pulang, Bawa Jersey Persib

oleh
Nick Kuipers
Nick Kuipers bek andalan Persib - Instagram/@kuipersnick

JPOL – Bek andalan Persib Bandung, Nick Kuipers akan segera pulang kembali ke negara asalnya, Belanda.

Nick bisa kembali ke Belanda karena skuad Persib sedang diliburkan selama 2 bulan seiring kekosongan kompetisi.

Nick Kuipers akan pulang ke Belanda yang rencananya akan membawa sejumlah jersey Persib Bandung untuk oleh-oleh.

“Saya berencana pulang ke Belanda minggu depan. Saya bawa jersey Persib sebagai buah tangan,” kata Nick dikutip Pikiran-rakyat.com (PR) dari situs resmi Persib.

Nick sendiri sedang berlibur di Bali saat ini. Bekas pemain ADO Den Haag itu akan kembali ke Belanda pekan depan.

“Sampai akhir minggu ini saya di Bali. Saat ke Belanda nanti, bisnis saya juga tetap berjalan,” tuturnya.

Skuad Persib Bandung akan kembali dikumpulkan pada bulan Januari 2021 mendatang.

Sebagaimana diketahui, Liga 1 2020 dihentikan keberlangsungannya sejak 16 Maret 2020 akibat pandemi Covid-19.

Liga 1 2020 sebelumnya akan dilanjutkan pada bulan Oktober 2020.

Namun, Polri tidak memberikan izin keramaian dengan alasan masih tingginya angka penyebaran Covid-19.

Usai dipastikan diundur ke tahun 2021, PT LIB dan PSSI akhirnya memutuskan untuk menggelar Liga 1 pada Februari hingga Juli 2021.

Keputusan itu keluar usai PT LIB dan PSSI menggelar rapat pada Senin, 2 November 2020.

Sekilas Cerita Tentang Nick Kuipers

Keberadaan Nick Kuipers dalam sepak bola Indonesia baru seumur jagung. Ia baru bergabung bersama Persib Bandung pada putaran kedua Liga 1 2019, menggantikan Bojan Malisic, bek tengah asal Serbia yang dilepas Maung Bandung saat itu.

Bersama klub kebanggaan masyarakat Jawa Barat itu, Nick Kuipers tampil dalam 17 pertandingan pada musim lalu dengan koleksi dua gol dan satu assist. Sementara pada musim ini, Kuipers tampil penuh dalam tiga pertandingan Liga 1 2020 sebelum kompetisi terhenti karena pandemi COVID-19.

Dalam channel youtube Meity Candy, Kuipers mengungkap cerita awal mulanya menggeluti sepak bola hingga usaha kulinernya di Belanda yang kini membuka cabang di Bandung. Menurut Nick, sepak bola adalah bagian penting dari kehidupannya.

“Saya sudah bermain sepak bola saat berusia empat tahun. Kebetulan ayah saya juga pemain sepak bola meski berlevel amatir,” tutur Nick Kuipers.

Nick mengawali karier profesionalnya dengan berkostum MVV Maastricht. Kala itu usianya baru 18 tahun. Sebelumnya, ia mengasah kemampuannya di tim junior klub itu.

Memperkuat Maastricht, ia bertahan sampai tujuh musim sebelum hengkang ke ADO Den Haag jelang musim2 017-2018. Sebelum ke Persib, ia sempat dipinjamkan ke FC Emmen, klub Liga 2 Belanda.

“Bagi saya sepak bola adalah passion. Saya menikmati setiap pertandingan yang saya mainkan. Itulah mengapa saya terlihat tenang dan enjoy di lapangan,” terang Nick yang mendapat julukan Great Wall karena ketangguhannya dalam membendung serangan lawan.

Sebagai bek tengah, Nick selalu fokus dengan tugas utamanya, yakni bekerja keras agar lawan tidak menjebol gawang tim yang dibelanya. Layaknya sebuah permainan sepak bola, Nick juga butuh dukungan rekan setim.

“Intinya adalah komunikasi yang baik. Saya termasuk tipe orang yang selalu berpikir positif. Saya selalu menghindari orang yang selalu menceritakan hal yang jelek,” tegas Nick Kuipers.

Usaha Kuliner di Bandung

Nick Kuipers mengaku beruntung bisa bermain di Persib Bandung. Ia mengaku terkesan dengan militansi bobotoh dalam mendukung Persib dan keramahan masyarakat Bandung terhadapnya.

Apalagi Bandung didukung dengan cuaca yang sejuk serta ramainya bisnis kuliner di Kota Kembang. Kebetulan, sejak tiga tahun lalu, Nick bersama rekannya sesama pemain sepak bola membuka restoran makanan sehat yang dinamai Johnny Wrap, yaitu makanan dengan ciri khas dibungkus tortilla.

“Menunya makanan jenis wrap dengan berbagai olahan dari daging ikan salmon, ayam, atau sapi. Saya yakin makanan ini bakal disukai masyarakat Bandung karena sehat dan halal,” kata Nick berpromosi.

Pada kesempatan itu, Nick juga mengungkap petuah bijak yang selalu dicamkan dalam berkarier, baik d duniai sepak bola atau bisnis kuliner. “Jangan pernah berhenti atau menyerah saat mendapatkan hasil yang tidak sesuai harapan,” pungkas Nick.