Leuit Sapapait Samamanis Diresmikan Bupati Subang

by
Kang Jimat Resmikan Leuit Sapapait Samamanis
Bupati Subang, Haji Ruhimat Resmikan leuit Spapait Samamanis di Kec. Cijambe Subang

JPOL – Leuit Sapapait Samamanis diresmikan Bupati Subang, H Ruhimat disela acara festival makanan berbahan baku singkong di lapang Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang, Selasa (24/11/2020).

Bupati yang juga akrab disapa Kang Jimat saat itu didampingi Ketua TP.PKK Kabupaten Subang Hj Yoyoh Sopiah Ruhimat.

Leuit Sapapait Samamanis tersebut adalah box makanan yang dapat diisi oleh masyarakat. Lalu masyarakat pun dapat mengambil bahan makanan yang disimpan atau digantung pada box Leuit tersebut.

Kang Jimat berharap dengan adanya Leuit Sapapait Samamanis tersebut dapat menjadi wahana saling membantu masyarakat di lingkungan Kecamatan Cijambe.

Leuit Sapapait Samamanis yang diresmikan ini juga merupakan salah satu inovasi program Gerakan Sapapait Samamanis. Program senasib sepenanggungan dengan dasar gotong royong, dimana masyarakat yang memiliki rezeki lebih diharapkan membantu masyarakat yang kurang mampu.

Kang Jimat meminta program yang telah dicanangkan tersebut dapat dilaksanakan berkesinambungan.

PNS atau ASN diharapkan dapat menjadi teladan dan garda terdepan dalam program sapapait samamanis tersebut.

Sebagai penutup Kang Jimat berharap program Leuit Sapapait Samamanis dapat ditindaklanjuti di tingkat desa di Kecamatan Cijambe.

Sementara itu, wakil Bupati Subang Kang akur sapaan akrab Agus Masykur dalam sebuah pidatonya beberapa waktu lalu menyapikan bahwa Gerakan Jambore Sapapait Samamanis  ini merupakan program yang dirumuskan oleh Bupati dan wakil Bupati yaitu sapapait samamanis atau senasib sepenanggungan  dengan dasar gotong royong, dimana masyarakat yang memiliki rezeki lebih membantu masyarakat yang kurang mampu.

Program yang diprogramkan pemerintah daerah Kabupaten Subang tersebut, Wakil Bupati Subang minta kepada PNS atau ASN menjadi teladan dan garda terdepan dalam program sapapait samamanis.

Kegiatan Jambore 1 Sapapait Samamanis yang pernah dilakukannya beberapa waktu lalu itu telah berhasil mengumpulkan dana yang berasal dari sumbangan dari seluruh ASN lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Subang yang dikumpulkan rutin setiap hari jum’at yaitu Jum’at Berbagi. Mengumpulka sodaqoh  secara sukarela. Dana terkumpul kemudian disalurkan untuk membantu masyarakat Subang yang kurang mampu.

Untuk tahap pertama, Setda merupakan pelopor/pionir dalam kegiatan Jambore Sapapait Samamanis yang menyalurkannya ke Kp. Ciparang Ds. Cimenteng Kec. Cijambe dengan jumlah sekitar 50 paket sembako (Beras, mie instan, telur) dan uang tunai sebesar Rp 100.000,-.

Kegiatan tersebut akan terus digalakan, program Jambore Sapapait Samamanis untuk seluruh  SKPD akan membuat program yang sama yang akan disalurkan ke Desa atau Kampung Binaan yang benar-benar belum bahkan jarang  mendapatkan bantuan.

Mudah-mudahan program Sapapait Samamanis  ditindaklanjuti dan diikuti oleh tiap pegawai Kecamatan untuk menyisihkan rezekinya yang lebih untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dilingkungannya.

Ada 9 pintu bantuan dari pusat, provinsi dan daerah yaitu PKH, program sembako, Bantuan Langsung tunai (BLT), perluasan sembako, bantuan provinsi, bantuan kabupaten, bantuan pra kerja, BLT (dana desa) dan Gasibu (Gerakan Nasi Bungkus) melalui Jabar bergerak. Dan program Sapapait Samamanis merupakan program tambahan selain dari bantuan 9 pintu tersebut.