Subang dan Purwakarta Kembali Bersatatus Zona Merah

by
Ilustrasi Petugas Kesehatan

SUBANG, JPOL – Penanganan Covid-19 di Kabu­paten Subang dan Purwakarta sangat mengejutkan dan kembali masuk Zona Merah. Se­banyak 6 orang pegawai RSUD Kelas B Subang terpapar Covid mulai dari pera­wat hingga clean­ing ser­vice. Tercatat dari tanggal 1-23 November 2020, ada sebanyak 10 Pasien RSUD yang positif Covid-19 meninggal dunia. RSUD Kelas B Subang meminta kesadaran masyarakat untuk memakai masker, mencuci tangan dan juga menjaga jarak terus dilakukan dan perhati­kan kerumunan orang banyak.

PLT Direktur RSUD Kelas B Subang dr Ahmad Nasuhi men­gatakan, kondisi membludaknya pasien yang ada di RSUD Kelas B Subang, menjadi salah satu ala­san banyak masyarakat Subang yang tidak menerapkan protokol kesehatan sep­erti 3M (mencuci tan­gan, memakai masker dan menjaga jarak).

Jika melihat di Bulan November 2020 saja, dari tanggal 1-23 sudah ada 75 orang yang dirawat di berbagai ruang penan­ganan Covid-19. Seperti di Alamanda, Tulip dan lain­nya. “Dari tanggal 1-23 No­vember 2020, ada 75 orang yang terpapar Covid-19 kita rawat,” ujarnya.

Dijelaskan Ahmad, seban­yak 10 orang pasien yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19, dengan penyakit penyertanya. Hal tersebut dimungkinkan karena metabolisme yang kian menurun, ketika dira­wat dan dilakukan penan­ganan. “Dari tanggal 1-23 November 2020 ini juga ada sebanyak 10 orang yang meninggal dunia karena Covid-19,” ungkapnya.

Pada bulan Oktober 2020, lanjutnya, ada sem­bilan pasien yang terpapar Covid-19 dan 85 pasien yang dirawat karena Covid-19. RSUD juga mendata ada enam pegawai dan tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19. “Saat ini, sedang dilakukan isolasi, yaitu dua dari tenaga kesehatan He­modialisa, 2 dari perawat IGD, 1 cleaning service, dan 1 lagi analyist medis. Terpaparnya itu disebab­kan Orang Tanpa Gejala (OTG),” paparnya.

Kasubag Humas RSUD Kelas B Subang Mamat BudiRakhmat menam­bahkan, pihaknya terus melakukan edukasi ke­pada pengunjung ataupun pasien RSUD Kelas B Sub­ang, agar memakai masker medis ketika berkunjung. “Untuk mencegah penye­baran Covid-19 di RSUD Kelas B Subang, kita terus melakukan edukasi jangan sampai terpapar,” katanya.

Sementara di Kabupaten Purwakarta berada dalam zona merah penyebaran Covid-19. Hal ini menanda­kan jika kasus terkonfirmasi positif Covid-19 setiap harin­ya terus bertambah. Faktan­ya, tenaga kesehatan di Pur­wakarta pun tak luput dari penularan Covid-19. Bahkan hingga hari ini tercatat masih ada 17 tenaga kesehatan (nakes) yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal tersebut dibenarkan Kabid P2P Dinas Kesehatan Purwakarta, dr Erlitasa­ri Kusuma Wardani saat diwawancarai di Kantor Dinas Kesehatan, Jl. Vet­eran Purwakarta.

“Iya benar, hingga hari ini masih ada 17 tenaga kes­ehatan di Purwakarta yang terpapar Covid-19,” kata Erlita kepada wartawan.

Dirinya menjelaskan, 17 tenaga kesehatan yang terpa­par tersebut yaitu, lima orang dokter dan 10 tenaga keseha­tan yang bertugas di rumah sakit daerah dan swasta yang ada di Purwakarta.

“Kemudian ada dua tena­ga kesehatan yang bertugas di puskesmas juga terpapar Covid-19,” katanya men­jelaskan seperti yang kami kutip dari JabarExpress.com

Dari lima dokter yang positif Covid-19, empat di antaranya menjalani pera­watan di masing-masing rumah sakit tempat mer­eka bertugas. Adapun satu dokter lainnya menjalani isolasi mandiri.

Terkait 10 tenaga keseha­tan di rumah sakit, dan dua tenaga kesehatan puskes­mas yang terpapar Covid-19, ada yang menjalani perawatan dan ada juga yang menjalani isolasi di tempat yang disediakan pemerintah daerah.

“Rata-rata tenaga keseha­tan yang terpapar Covid-19 mengalami gejala yang se­dang dan ringan,” ujarnya.

Kendati sejumlah dokter dan tenaga kesehatan di Purwakarta terpapar Covid-19, dirinya memastikan pusat layanan kesehatan di Purwakarta, baik itu rumah sakit maupun puskesmas, masih berjalan normal.

“Yang pasti pelayanan kes­ehatan diberikan dengan menerapkan protokol keseha­tan ketat guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ucapnya.

6 Tenaga Kesehatan Kabupaten Subang

  • 2 PetugasHemodialisa
  • 2 Perawat IGD
  • 1 Cleaning service
  • 1 Analyist medis

17 Tenaga Kesehatan Kabupaten Purwakarta

  • 5 Dokter
  • 10 Tenaga kesehatan rumah sakit daerah dan swasta

Demikian informasi yang berhasil kami himpun tentang berita mengenai Subang dan Purwakarta kembali masuk Zona Merah.