Anies Baswedan Terpapar Covid-19, Mengaku Tanpa Gejala

by
Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tampak hadir dalam perayaan hari ulang tahun ke-12 Partai Gerindra di DPP Gerindra, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (6/2/2020). (Suara.com/Tyo

JAKARTA, JPOL – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan, ia terpapar Corona atau terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala.

“Saat ini kondisi saya alhamdulillah baik, alhamdulillah tidak ada gejala,” kata Anies melalui keterangan video kepada wartawan, Selasa (1/12/2020).

Menurut Anies, ia saat ini menjalani prosedur isolasi mandiri di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta serta mengikuti prosedur pengobatan yang sudah ditetapkan oleh tim medis.

“Isolasi mandiri yang saya lakukan akan dilakukan di rumah dinas di mana saya akan tinggal sendiri, sementara keluarga akan tetap tinggal di rumah pribadi yang memang selama ini kami tempati,” ucap Anies.

Meski dinyatakan positif dan tanpa gejala, Anies akan tetap memimpin rapat-rapat yang telah dijadwalkan. Rapat itu akan dilakukan secara virtual.

Anies menyampaikan, dirinya dinyatakan positif Covid-19 berdasar hasil tes usap PCR yang keluar pada Selasa (1/12/2020) dini hari. Kabar mengenai Anies Baswedan terpapar Covid-19 inipun langsung viral.

Sebelumnya pada Senin (30/11) siang, Anies telah melaksanakan tes usap PCR di Balai Kota DKI Jakarta.

Oleh karena itu, Anies mengimbau kepada siapa pun yang telah melakukan kontak dengannya selama beberapa hari terakhir untuk melakukan tes swab atau isolasi mandiri.

“Bagi siapa pun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari ini, silakan langsung hubungi puskesmas terdekat untuk menjalani tes usap,” kata Anies.

Anies juga meminta kepada semua warga DKI Jakarta untuk mendoakannya serta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang sebelumnya juga terkonfirmasi Covid-19.

“Dan seluruh warga, kami mohon doanya, doakan kami agar bisa cepat pulih, agar bisa kembali bekerja penuh di Balai Kota dan saya ingatkan lagi kepada semua bahwa Covid ini masih ada dan bisa menghampiri siapa saja,” tutur dia.