Presiden Rusia Vladimir Putin Ucapkan Selamat Pada Joe Biden

oleh
Joe Biden
Joe Biden

JPOL – Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa (15/12) menyampaikan ucapan selamatnya kepada Joe Biden atas kemenangannya dalam pemilu AS 2020.

Dikutip dari Channel News Asia, Rabu (16/12/2020) pesan itu disampaikan oleh Putin menyusul kemenangan Biden yang telah disahkan Electoral College negara bagian yang secara resmi menentukan pemenang pilpres AS.

Sebelumnya, Rusia menyatakan bahwa pihaknya akan menunggu hasil resmi pemilu AS sebelum memberikan komentar.

Hal itu dilakukan ketika sejumlah pimpinan negara lain telah lebih dulu menyampaikan ucapan selamat kepada Biden atas kemenangannya pada hari-hari pemungutan suara pemilu AS.

Presiden Rusia Vladimir Putin Siap Jalin Komunikasi dengan Joe Biden

Dalam pernyataan yang dikutip oleh pemerintah Rusia, Putin menyambut kemenangan Biden dengan menyatakan pihaknya siap untuk menjalin kontak dengannya.

“Untuk saya, saya siap untuk berinteraksi dan berkontak dengan Anda,” demikian pernyataan tersebut.

Pernyataan itu melanjutkan, bahwa “Putin turut mendoakan kesuksesan presiden terpilih (Biden) dan menyatakan keyakinannya bahwa Rusia dan Amerika Serikat, yang memiliki tanggung jawab khusus untuk keamanan dan stabilitas global, terlepas dari perbedaan mereka, bisa benar-benar membantu memecahkan banyak masalah dan tantangan yang dihadapi di dunia.”

Biografi Singkat Joe Biden (Wikipedia)

Joseph Robinette Biden Jr. Lahir di Scranton, Pennsylvania, 20 November 1942; umur 78 tahun) adalah seorang politikus Amerika yang saat ini adalah Presiden terpilih Amerika Serikat. Setelah mengalahkan Donald Trump yang merupakan petahana saat pemilihan umum Presiden Amerika Serikat 2020, dia akan dilantik sebagai Presiden AS ke-46 pada Januari 2021. Ia adalah anggota Partai Demokrat dan pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat ke-47 dari 2009 hingga 2017 serta Senator senior dari Delaware dari 1973 hingga 2009.

Ia pernah mencalonkan diri dalam pemilihan presiden 1988 dan 2008 namun mengundurkan diri dalam kedua-dua kesempatan tersebut. Pada 22 Agustus 2008, diumumkan bahwa Barack Obama telah memilih Biden sebagai pasangan bakal calon wakil presidennya dalam pemilihan presiden 2008.

Pada April 2019, Biden mengumumkan pencalonannya dalam pemilihan presiden 2020, dan dia mencapai ambang batas delegasi yang diperlukan untuk mengamankan pencalonan Partai Demokrat pada Juni 2020. Pada 11 Agustus, ia mengumumkan Senator AS Kamala Harris dari California sebagai pasangannya. Biden memenangkan pemilihan presiden 2020 pada 3 November melawan Presiden Trump. Dengan demikian, dia adalah wakil presiden non-petahana kedua yang terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat, dan yang pertama sejak Richard Nixon pada tahun 1968.

Biden dilahirkan di Scranton, Pennsylvania, dari keluarga Joseph R. Biden, Sr. dan Catherine Eugenia Finnegan. Ia anak sulung dari 4 bersaudara dan dibesarkan dengan agama Katolik Roma. Keluarga ini pindah ke Delaware ketika Joe Biden berusia 10 tahun. Pada 1961, ia lulus dari Archmere Academy di Claymont, dan pada 1965 dari University of Delaware di Newark. Ia kemudian meneruskan pendidikan ke Syracuse University College of Law, lulus pada 1968.

Pada 1966 ia menikahi Neilia Hunter. Mereka dikaruniai 3 anak, Joseph R. III (Beau), Robert Hunter, dan Naomi. Istri dan anaknya yang masih bayi tewas dalam sebuah kecelakaan mobil tidak lama setelah ia terpilih menjadi senator pada 1972. Kedua anak laki-lakinya juga menderita luka berat dalam kejadian tersebut. Pada 1977, Biden menikah dengan Jill Tracy Jacobs. Mereka dikaruniai satu anak, Ashley.