3 Efek Samping yang Mungkin Muncul Setelah Divaksin Covid-19

by
Ilustrasi Vaksin/iStock
Ilustrasi Vaksin/iStock

JPOL – Adakah efek samping setelah divaksin Covid-19? Pertanyaan itu memang muncul pada sebagian besar masyarakat tanah air, namun demikian BPOM telah menjelaskan bahwa masyarakat tidak perlu ragu dan khawatir.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menjadi orang pertama yang divaksin Covid-19 pada tanggal 13 Januari 2021 kemarin, selain Jokowi sejumlah orang termasuk Raffi Ahmad juga melakukan hal yang sama.

Dengan disuntikanya vaksin tersebut kepada Jokowi, diharapkan masyarakat tidak usah khawatir dan takut dengan vaksin Covid-19 ini, karena seperti yang telah dilansir BPOM dan Majelis Ulama Indonesia bahwa vaksin Covid-19 aman dan halal.

Kendati izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) telah diputuskan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pada Senin, 11 Januari 2021 kemarin.

Akan tetapi, banyak masyarakat yang masih mempertanyakan terkait efek samping yang ditimbulkan setelah divaksin Covid-19, kekhawatiran ini menyeruak menjelang vaksinasi dilakukan.

Dilansir dari akun Instagram @kemenkominfo pada Selasa, 12 Januari 2021, bahwa vaksin Covid-19 secara umum tidak menimbulkan efek samping.

Meski begitu, apabila terjadi sebuah reaksi usai divaksin, hal tersebut hanya berupa reaksi ringan yang tidak menimbulkan efek berat.

Berikut ini reaksi yang kemungkinan ditimbulkan dari pelaksanaan vaksinasi Covid-19 Sinovac, di antaranya:

  1. Reaksi Lokal

Reaksi lokal yang memungkinkan timbul usai mendapat suntikan vaksin yang pertama yakni timbul nyeri, kemerahan, hingga bengkak di area bekas suntikan.

  1. Reaksi Sistemik

Reaksi lainnya yang bisa timbul setalah mendapat vaksin Covid-19 Sinovac, yakni munculnya demam, nyeri otot (myalgia), nyeri sendi, badan lemas, dan sakit kepala.

  1. Reaksi Lain

Reaksi lainnya yang bisa saja muncul akibat vaksin Covid-19 Sinovac ialah alergi, urtikaria, anafilaksis, dan syncope (pingsan).

Selanjutnya, apabila Anda merasakan reaksi tersebut usai divaksin, Anda disarankan untuk minum air lebih banyak, menggunakan pakaian yang nyaman, kompres atau mandi air hangat, dan minum paracetamol.

Selain itu, hal penting yang jangan dilupakan yakni adanya imbauan untuk tidak langsung pulang setelah mendapat suntikan vaksin Covid-19 Sinovac.