Dede Sunarya: “Pelaku Lain Harus Diproses”

oleh
Dede Sunarya Kuasa Hukum H Aminudin
Dede Sunarya Kuasa Hukum H Aminudin

Subang, JPOL- Kuasa Hukum Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, H. Aminudin, dari kantor DSP, Dede Sunarya, berharap penyidik Kejaksaan Negeri Subang, terus memproses dan mengembangkan pelaku lain.

Hal tersebut diungkapkan Dede Sunarya kepada JPOL, di kantor Advokat Dede Sunarya and Partner di jalan Otista, Kelurahan Sukamelang, Subang, Jum’at (22/1/2021).

“Kami sebagai kuasa hukum akan mengambil langkah-langkah hukum dan pendampingan dari tahapan proses penyelidikan penyidikan penuntutan sampai ke persidangan,” ujar Dede kepada jabarpublisher.co.id , yang menjadi kuasa hukum tertanggal 18 Januari 2021.

Menurut Dede, Aminudin yang saat ini menjadi tersangka SPPD fiktif tahun 2017, saat Aminudin menjadi Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Subang, tidak mungkin bertindak sendiri.

“Penyidik Kejaksaan Negeri Subang agar terus memproses perkara ini dan mengembangkan indikasi pelaku-pelaku lain, yang terkait dengan aspek SPPD fiktif sesuai dengan bukti-bukti permulaan, karena peran inti dari sebuah peristiwa pidana korupsi tidak mungkin dilakukan secara pelaku tunggal sebagaimana komitmen atau jumpa pers Kejari Subang yang telah menerapkan pasal 3 pasal 2 dan 18 undang-undang Tipikor juncto pasal 55 KUHP tindak pidana,” ujar Dede.

Jadi, tambah Dede, siapapun yang turut serta melakukan, baik pelaku yang melakukan, setelah melakukan, proses secara hukum.

“Siapapun dia! yang terkait dengan indikasi tindak pidana SPPD fiktif di sekretariat DPRD Kabupaten Subang,” tegas Dede.

Penulis dan Editor : Agus Eko MS