Jumlah UMKM Penerima BPUM 52 Ribu Lebih

oleh
Ratusan Milyar- Dana yang telah digelontorkan pemerintah pusat ke Kabupaten Subang sudah ratusan milyar untuk bantu UMKM di Kabupaten Subang (eko)

Narca: jumlah bantuan yang telah digelontorkan lebih dari Rp 123 milyar


Subang, JPOL– Jumlah penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM, red) di Kabupaten Subang, dari 2 Bank penyalur, BRI dan BNI, sejumlah 52.014 UMKM. Hal tersebut diketahui saat dilaksanakan rapat dengar pendapat yang dilakukan oleh Komisi 2 DPRD Kabupaten Subang dengan para pihak terkait, Rabu (27/1/2021).

Berdasarkan keterangan dari Kepala Dinas Koperasi UMKM perdagangan pasar dan Perindustrian (DKUPP, red) Dadang Kurnianudin, jumlah data pengusaha UMKM yang diserahkan kepada kementerian Koperasi, sebanyak 122.216 UMKM.

“Setelah diverifikasi, jumlahnya menjadi 121.579 UMKM, dan yang sudah diberi bantuan pada tahap pertama, sebanyak 20.126 UMKM” ujar Dadang.

Baca: Penyaluran BPUM Masih Belum Jelas, DPRD Undang Para Pihak Terkait

Sementara menurut Kepala Cabang Bank BRI Subang, Laily Arif, data yang diserahkan oleh pihaknya sebanyak 15 ribu lebih UMKM, dan UMKM yang bisa mencairkan dana bantuan, sebanyak 13.927 UMKM.

“Yang tidak bisa mencairkan, karena data yang mereka setorkan, tidak valid,”ujar Laily Arif

Hal yang sama juga terjadi di BRI Cabang Pamanukan. Namun, jumlah UMKM yang bisa mendapatkan bantuan, sekitar 15 ribu lebih UMKM.

Pada kesempatan tersebut, hadir salah satu lembaga keuangan non bank, yakni PT. PNM, dimana perusahaan tersebut, memiliki 2 anak perusahaan, yakni ULAM dan MEKAR. perusahaan tersebut, melakukan pengusulan jumlah UMKM.

“Dari 59 ribu nasabah MEKAR, yang disetujui sebanyak 22.723 orang, dan pencairannya oleh pihak BNI,”ujar utusan tersebut.

Terkait dengan banyaknya para pengusul kepada Kementerian Koperasi, Ketua DPRD Kabupaten Subang, Narca Sukanda menyampaikan, agar adanya sinkronisasi data untuk pencairan tahap selanjutnya.

“Karena, kalau datanya tidak valid, yang mengalami kerugian adalah warga Kabupaten Subang,”ujar Narca.

Dari data yang ada, tambah Narca, pemerintah pusat, sudah memberikan bantuan kepada sebanyak 52 ribu lebih UMKM di Kabupaten Subang.

“Artinya, jumlah bantuan yang telah digelontorkan, lebih dari Rp 123 milyar, karena per UMKM mendapatkan bantuan Rp 2,4 juta,”tegas Narca.

Penulis dan Editor: Agus Eko MS