Hj. Yoyoh Ruhimat Ingatkan Kemungkinan Adanya Potensi Bencana di Subang

oleh
Hj, Yoyoh Ruhimat

SUBANG, JPOL – Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Subang Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, mengunjungi dan menyalurkan bantuan berupa paket sembako dan mie instan kepada korban tanah longsor di empat Kecamatan di wilayah Kabupaten Subang. Kamis (18/2/2021).

Adapun penyaluran bantuan untuk korban bencana tanah longsor yang diantaranya dua keluarga di Kp. Cimerta Kelurahan Pasirkareumbi Kecamatan Subang, lima Keluarga di Desa Rawalele Kecamatan Dawuan, dua keluarga di Desa Dayeuhkolot dan dua keluarga di Desa Sukamandi Kecamatan Sagalaherang, dua keluarga di Desa Gardusayang dan satu Keluarga Desa Darmaga Kecamatan Cisalak.

Adapun bantuan tersebut merupakan donasi dari Jabar bergerak provinsi dan para donatur Jabar Bergerak Kabupaten Subang. Semoga bisa bermanfaat, yang saya harapkan, apa yang kami lakukan di sini bisa meringankan sedikit beban dari sahabat dan warga masyarakat yang saat ini mengalami bencana tersebut,” kata Yoyoh.

Kami menekankan agar masyarakat makin meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran tentang potensi bencana. Mengingatkan juga dalam kondisi musim hujan seperti saat ini, masyarakat sering melakukan pengecekan terhadap saluran-saluran air apakah ada yang menyumbat atau tidak.

Warga juga bisa menggalakan pemeriksaan tebing, dari sana bisa diketahui apakah vegetasi dan tembok penahan tanahnya masih layak. Jika terdapat retakan di tanah maupun di tembok penahannya apalagi terjadi rembesan air di sana, hal itu menandakan bisa terjadi potensi longsoran yang berbahaya.

“Dalam kondisi demikian khususnya ketika terjadi hujan lebat, sebaiknya masyarakat yang bermukim di sekitar tebing seperti itu melakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman,” ujarnya.