Pandemi Covid-19 Bikin Kemiskinan di Kabupaten Sumedang Meningkat

oleh
Update Corona Dunia

JPOL – Pandemi Covid-19 mengakibatkan tingkat kemiskinan di Kabupaten Sumedanf meningkat, hal itu diungkapkan oleh Sekda Sumedang Herman Suryatman saat Rapat Konsolidasi Program Unggulan Kabupaten Sumedang, bersama seluruh Sekretaris SKPD bertempat di Pendopo Gedung Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Kab. Sumedang pada Kamis 18 Februari 2021.

Ia juga menerangkan, SKPD harus peduli untuk bisa membantu menurunkan angka kemiskinan di Sumedang.

Sebagaimana diberitakan Galamedianews.com dalam artikel, “Inalillahi, Kemiskinan di Kabupaten Sumedang Terus Meningkat”, sekretaris dinas diharapkan bisa mengorkestrasi pengelolaan program SKPD masing-masing. Sekretaris juga harus bisa memacu bidang-bidang di SKPD masing-masing.

Sekretaris harus menjadi motor penggerak sehingga tugas-tugas yang ada di SKPD tidak kaku. Sekretaris harus menjadi sentral dalam melakukan pelaporan dan koordinasi kepada Kepala Dinasnya. Selain itu, Sekretaris juga harus berperan aktif dalam proses pengadministrasian, inovasi serta kebijakan-kebijakan SKPD,” paparnya.

Sambung dia, untuk mengakselerasi pengentasan kemiskinan, yang terkoneksi dengan program yang ada ditiap-tiap SKPD, ada lima hal terkait digital yang harus dipahami. Yakni digital awareness, leadership, literation, business process, dan colaboration.

Karenanya, Sekretaris SKPD harus melek digital dan menjadi agen komunikasi informasi.

Harus menjadi motor penggerak di dinasnya masing-masing. Sekretaris juga harus proaktif menjadi koordinator setiap tugas dan fungsinya.

“Saya berharap semuanya harus proaktif menjadi koordinator pada bidang-bidangnya agar terus bergerak. Dengan harapan kemiskinan di Sumedang bisa berkurang secara signifikan, dari waktu ke waktu,” pungkasnya.

Sekilas Tentang Kabupaten Sumedang

Kabupaten Sumedang terdiri atas 26 kecamatan, 7 kelurahan, dan 270 desa. Sumedang, ibu kota kabupaten ini, terletak sekitar 45 km dari Kota Bandung. Kota ini meliputi kecamatan Sumedang Utara dan Sumedang Selatan. Sumedang dilintasi jalur utama Bandung – Cirebon.

Bagian Barat Daya wilayah Kabupaten Sumedang merupakan kawasan perkembangan Kota Bandung. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri), sebelumnya bernama STPDN (Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri), UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), ITB (Institut Teknologi Bandung), serta Universitas Padjajaran berlokasi di Kecamatan Jatinangor.

Sebagian besar wilayah Sumedang adalah pegunungan, kecuali di sebagian kecil wilayah Utara berupa dataran rendah. Gunung Tampomas (1.684 mdpl), merupakan dataran tertinggi di kabupaten ini yang berada di utara Sumedang.