Inilah Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia

by
Ngopi Bisa Bikin Bahagia
Kopi Hitam dengan Crema yang Mengembang / iStock

JPOL – Tahukah kamu bahwa Indonesia merupakan negara dengan produsen kopi terbesar di dunia? Sejumlah jenis kopi Indonesia yang mendunia membuat Indonesia berada di urutan ke-4 terbesar di dunia dalam mensuplai kebutuhan kopi di belahan dunia. Indonesia sendiri memiliki berbagai jenis kopi di tiap daerahnya yang memiliki ciri khas tersendiri dari segi rasanya. Dari banyaknya jenis kopi yang dimiliki Indonesia, ada beberapa jenis kopi Indonesia yang sangat populer di luar negeri.

Jenis-jenis Kopi Indonesia Yang Mendunia

Apa saja jenis kopi Indonesia yang terkenal di mancanegara? Simak ulasannya di bawah ini!

  1. Arabika Toraja

Jenis kopi pertama yang terkenal di belahan dunia yaitu Arabika Toraja yang berasal dari Sulawesi Selatan tepatnya di Pegunungan Toraja. Arabika Toraja sangat digemari oleh masyarakat di Negara Eropa karena rasanya yang unik. Ciri khas dari kopi ini yaitu tidak menyisakan rasa pahit setelah mencicipinya. Arabika Toraja dan beberapa kopi yang berasal dari Pegunungan Toraja memiliki tingkat keasaman yang cenderung rendah dan rasa yang mengandung unsur tanah. Karena rasanya yang unik ini, maka tidak heran banyak sekali penggemar Arabika Toraja bukan hanya dari Indonesia tetapi dari luar negeri.

  1. Arabika Kintamani

Bukan hanya terkenal akan pariwisatanya saja. Bali juga terkenal karena memiliki kopi dengan cita rasa yang luar biasa yaitu Arabika Kintamani. Ciri khas dari Arabika Kintamani yaitu rasanya yang ringan dan juga segar dengan gabungan citarasa buah-buahan yang cenderung asam. Banyak orang yang penasaran mengapa ada unsur buah-buah pada jenis kopi Bali, hal ini dikarenakan penanaman biji kopi menggunakan sistem tumpangsari dimana para petani bukan hanya menanam biji kopi melainkan juga menanam sayuran dan juga buah-buahan.

  1. Arabika Gayo

Arabika Gayo merupakan jenis kopi yang berasal dari Aceh yang biasa kita sebut dengan nama Aceh Gayo. Aceh Gayo diproduksi di sebuah perkebunan pada daerah dataran tinggi Gayo. Dari nama dataran ini lah nama kopi ini berasal. Ciri khas dari Aceh Gayo yaitu rasanya yang sedikit masam dengan teksturnya yang sangat ringan dibanding jenis kopi lainnya. Aroma yang dihasilkan dari Arabika Gayo ini sangat harum dengan tingkat kepahitan yang sedang. Meskipun memiliki rasa yang nikmat jika langsung diminum, namun ada beberapa orang yang mencampur Aceh Gayo dengan beberapa jenis lainnya sehingga tercipta lah citarasa baru.

  1. Luwak

Tahukah kamu bahwa hewan dapat menghasilkan biji kopi? Luwak merupakan salah satu hewan yang dapat menghasilkan biji kopi hanya dengan kotorannya. Meskipun berasal dari kotoran Luwak, namun rasa yang ditawarkan sangat nikmat. Luwak memiliki kadar kafein yang rendah, maka sangat cocok dikonsumsi oleh beberapa orang yang membatasi konsumsi kafein. Meskipun memiliki rasa yang ringan dan memiliki banyak penggemar tetapi nyatanya, produksi jenis kopi ini terbatas sehingga harga yang ditawarkan juga cukup tinggi dibanding dengan jenis lainnya.

5. Flores Bajawa

Kopi Indonesia yang terkenal selanjutnya berasal dari Bajawa, Flores, Nusa Tenggara Timur. Flores Bajawa memiliki tekstur yang cukup kental dengan tingkat keasaman yang cenderung agak tinggi. Rasa yang ditawarkan cukup beragam yaitu dengan adanya unsur cokelat, vanilli dan juga buah-buahan bercampur jadi satu. Sesaat setelah mengkonsumsinya akan ada rasa seperti tembakau. Maka tidak heran, mengapa Indonesia mengekspor jenis kopi ini ke Amerika. Hal ini karena masyarakat Amerika cenderung menyukai Flores Bajawa karena rasanya yang begitu nikmat.

Sumber: Skandinavia