Tempat Wisata di Tasikmalaya, Keren Tapi Jarang Dilirik

by
Tempat Wisata Tasikmalaya

JPOL – Kalau ngomongin tempat wisata di Jawa Barat, pasti kamu bakal menyebut Bandung atau Puncak, dua lokasi yang memang sudah populer banget di masyarakat. Tapi sebenarnya wilayah Jawa Barat menyimpan banyak tempat indah untuk dikunjungi lho, salah satunya tempat wisata di Tasikmalaya. Mungkin banyak dari kamu yang belum tau seberapa kerennya Tasikmalaya, makanya kamu harus baca artikel ini sampai habis!

Tasikmalaya memang bukan tempat yang populer untuk berwisata, tapi kalau kamu sedang cari tempat untuk refreshing yang jauh dari keramaian, wisata Tasikmalaya bisa jadi pilihan yang tepat. Tidak kalah dengan panorama alam di daerah lainnya, Tasikmalaya juga memiliki banyak wisata alam yang memanjakan mata. Ini dia daftar tempat wisata di Tasikmalaya.

Cipatuh (Cipanas Atmaji Pancuran Tujuh Kahuripan)

Lagi cari tempat wisata yang masih sepi pengunjungnya? Datang aja ke Cipanas Atmaji Pancuran Tujuh Kahuripan alias Cipatuh. Lokasinya terletak di Sundakerta, Sukahening, Tasikmalaya. Di sini kamu bisa menikmati berendam di aliran kolam air panas alami yang berwarna biru cerah. Tidak hanya memanjakan mata, berendam di air panas Cipatuh juga bisa bikin badan kamu lebih rileks, lho. Bukan hanya itu, masyarakat sekitar percaya bahwa air pas di Cipatuh berkhasiat untuk menyembuhkan segala penyakit, lho!

Telaga Denuh

Danau yang satu ini memang agak unik karena lokasinya berada di atas bukit, Telaga Denuh namanya. Terletak di Bojongkapol, Bojonggambir, Tasikmalaya, akses menuju Telaga Denuh relatif cukup sulit. Akses dari pusat Kota Tasikmalaya menuju tempat ini cukup terjal, bahkan kamu harus trekking melewati jalan setapak, sawah, dan menyebrangi sungai. Namun kamu nggak akan kecewa saat tiba di Telaga Denuh. Semua lelah akan terbayarkan dengan keindahan yang akan kamu dapatkan.

Tonjong Canyon Cipatujah

Buat kamu yang suka trekking dan ingin melintasi bentang alam yang agak ektrem, cobain ke Tonjong Canyon Cipatujah aja! Bisa dibilang tempat ini adalah replikanya Green Canyon namun berukuran lebih kecil. Sebenarnya Tonjong Canyon Cipatujah adalah ngarai yang lokasinya agak tersembunyi. Areanya didominasi tebing bebatuan berwarna coklat yang dialiri air sungai Tonjong yang cukup tenang. Airnya yang masih sangat bersih biasanya dimanfaatkan wisatawan untuk berenang dan bermain air.

Jembatan Akar Santoaan

Ini nih jembatan yang unik banget! Bukan dari beton ataupun besi, jembatan ini justru terbuat dari akar pohon alami. Jembatan Akar Santoaan terletak di wilayah Gunung Galunggung. Jembatan ini terbuat dari dua akar pohon yang terpisah sungai. Akar-akarnya saling bersambung hingga membentuk sebuah jembatan yang bisa digunakan untuk menyeberangi sungai. Jembatan Akar Santoaan punya tampilan yang sangat eksotis. Namun kamu harus ekstra hati-hati saat ingin menyeberanginya ya!

Pantai Karang Tawulan

Nggak kalah sama daerah lainnya, Tasikmalaya juga punya pantai yang indah. Pantai Karang Tawulan terletak di Cipatujah Selatan, Tasikmalaya. Pantai ini punya ombak yang cukup besar karena termasuk pantai yang berada di deretan Pantai Selatan Jawa. Biasanya para wisatawan menikmati keindahan pantai Karang Tawulan dari pinggiran tebing. Melihat pantai dari ketinggian serta suara deburan ombak yang menyapu pesisir pantai jadi daya tarik yang memikat semua orang yang datang ke sini.

Leuwi Citoe Pancatengah

Tasikmalaya masih punya sunga yang asri namanya Leuwi Citoe Pancatengah. Leuwi Citoe Pancatengah dikenal luas karena keindahan aliran sungainya serta rimbunan pohon yang menghiasi tepiannya. Selain itu, Leuwi Citoe Pancatengah juga punya air terjun mini yang berwarna hijau. Bahkan ada juga kolam air kecil yang dangkal sehingga cocok buat kamu yang ingin bermain air untuk merasakan kesegaran air Leuwi Citoe Pancatengah.

Gunung Batu

Gunung Batu, wisata di Tasikmalaya yang unik dan nggak boleh kamu lewatkan! Area yang saat ini dikenal dengan sebutan Gunung Batu sebenarnya adalah bekas pertambangan marmer. Makannya bentuk gunungnya beda dari gunung pada umumnya. Gunung Batu tampak seperti bongkahan batu besar yang landai. Orang-orang biasanya datang ke sini untuk menikmati pemandangan Tasikmalaya dari ketinggian. Dari sini kamu bisa melihat area perbukitan yang hijau sesekali juga kamu bisa melihat Kota Tasikmalaya yang ditutupi kabut.

Gimana, wisata Tasikmalaya nggak kalah keren kan dari kota-kota yang lainnya? Tempat wisata di Tasikmalaya memang highly recommended buat kamu yang suka wisata alam.