Sehari Usai Dilantik, Wabup Karawang Langsung Blusukan

oleh
Wabup Karawang

JPOL – Hanya terjeda satu hari setelah dilantik, Wakil Bupati / Wabup Karawang, Aep Syaepuloh, langsung blusukan membantu korban banjir di derahnya, Minggu 28 Februari 2021.

Aep menyerap aspirasi warga guna menentukan solusi agar banjir tidak terus terulang.

Kegiatan Wabup Karawang langsung blusukan itu dilakukan bersama Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Saan Mustopa. Mereka membagikan sembako dan sejumlah uang sambil menerima berbagai keluhan warga.

“Dari hasil perbincangan dengan warga, mereka sangat membutuhkan air bersih dan pangan setelah banjir surut,” kata Aep, seusai mengunjungi warga Dusun Gempol, Kecamatan Tanjungpura, Karawang Barat.

Dijelaskan, lumpur sisa banjir mengotori rumah, perabot rumah tangga, juga pakaian mereka. Sementara sumber air bersih, seperti sumur bor masih belum bisa difungsikan.

Akibat hal itu, warga belum bisa hidup normal. Mereka masih harus berkutat dengan lumpur dan persoalan lain seperti kebutuhan pangan juga pengobatan.

“Ini yang kami pikirkan. Bagimana caranya warga terdampak banjir bisa segera hidup normal,” kata Aep.

Dia berjanji akan segera berkoordinasi dengan pengelola PDAM Tirta Tarum agar memperbanyak pengiriman bantuan air bersih ke daerah banjir.

Tak hanya itu, dia juga akan memeriksa stok bantuan pangan yang ada di gudang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk memastikan cukup atau tidak.

Di tempat yang sama, Saan Mustopa mengatakan, hari itu dirinya menyumbang 350 paket sembako untuk korban banjir.

Saan membagikan sumbangan itu dengan bersepeda menyusuri gang-gang kecil.

Menanggapi banjir di Karawang, Saan meminta Pemkab Karawang untuk segera mendorong Pemerintah Provinsi dan Pusat bekerjasama mengentaskan banjir.

“Banjir yang menerjang wilayah Karawang barsal dari luapan Sungai Citarum dan Cibeet. Hulu dua sungai itu melintasi beberapa daerah, sehingga penanganannya tidak bisa dilajukan Pemkab Karawang sendiri,” katanya.

“Kami akan bantu dari DPR agar masalah banjir bisa ditangani secara komperhensif,” kata Saan.