SDN Cibarola Targetkan Jadi Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten

oleh

SUBANG, JPOL – SDN Cibarola adalah sekolah dasar yang memiliki visi “Optimal dalam prestasi, unggul dalam kreatifitas, berakhlak mulia serta berwawasan lingkungan menuju Sekolah Adiwiyata 2024”. Kini sekolah SDN Cibarola terus berbenah agar menjadi Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten.

Upaya seperti menciptakan kebijakan yang berwawasan lingkungan melalui musyawarah semua warga sekolah, menciptankan kurikulum berbasis lingkungan melalui pelatihan kurikulum yang dipimpin langsung oleh pengawas, menciptakan kegiatan yang bersifat lingkungan berbasis partisipatif, dan terus melakukan upaya perbaikan terhadap sarana dan prasarana yang berbasis ramah terhadap lingkungan.

Ketentuan tentang Sekolah Adiwiyata tertera dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 5 Tahun 2013 tentang pedoman pelaksanaan Program Adiwiyata. Gelar Sekolah Adiwiyata diberikan kepada sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Program Adiwiyata sendiri merupakan sebuah program berdasarkan pada tiga prinsip utama, yaitu edukatif, partisipatif, dan berkelanjutan. Sekolah Adiwiyata juga merupakan gelar bagi sekolah yang dianggap sudah baik dan ideal sebagai tempat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan serta norma dan etika bagi para peserta didik sehingga dapat menjadi dasar bagi terciptanya kesejahteraan.

Hj. Unisah, S. Pd., selaku kepala sekolah SDN Cibarola menyampaikan pada sebuah pemaparan presentasi, “semangat terwujudnya SDN Cibarola menjadi sekolah Adiwiyata adalah didasari oleh permasalah lingkungan yang sudah nyata di depan kita semua, khusunya permasalahan lingkungan yang ada di sekolah SDN Cibarola seperti banjir ketika diguyur hujan lebat, permasalahan pengelolaan sampah, hingga masih banyaknya lahan yang masih belum tergarap”. Selanjutnya kepala sekolah melanjutkan pemaparannya “atas permasalahan tersebut program Adiwiyata menjadi solusi terbaik untuk menciptakan sekolah yang memliki prinsip berkelanjutan”.

Sejalan dengan hal tersebut Adang Somantri Rachmat, SIP., selaku Bapak Lurah Kelurahan Soklat menyempaikan dukungan penuh terhadap program yang akan dilaksanakan oleh SDN Cibarola, “saya selaku pimpinan wilayah di kelurahan soklat tentu akan mendukun secara penuh terhadap niat baik yang dilaksanakan oleh SDN Cibarola, hanya saja saya berpesan program ini jangan hanya simbolisasi saja, program ini harus dijalankan dengan sepenuhnya tanggung jawab oleh semua pihak”, paparnya.

Bapak Eka Rosdiman, SE., MM selaku komite Sekolah SDN Cibarola juga mendukung dengan penuh program tersebut, menurutnya “program ini akan mendorong terciptanya kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Komite sekolah berharap program ini tidak menjadi suatu acara serimonial saja akan tetapi menjadikan pendidikan lingkungan hidup warga sekolah agar selalu menciptakan lingkungan hijau,bersih dan dapat menjadikan dasar terciptanya kesejahteraan serta pembangunan yang berkelanjutan di kabupaten subang. Untuk itu komite sekolah menghimbau kepada warga sekolah untuk ikut terlibat dalam kegiatan ini dengan semangat Subang Gotong Royong, Subang JAWARA”

Diakhir pertemuan, Ibu Kepala Sekolah menyampaikan permohonan dukungan kepada semua pihak untuk mensukseskan program tersebut, “saya memohon dukungan dari semua pihak agar SDN Cibarola bisa berkontribusi terhadap kelestarian alam Indonesia melalui program Sekolah Adiwiyata”.