BPBD Garut Ingatkan Saat Pancaroba, Masih Ada Ancaman Bencana yang Mengintai

oleh
Ilustrasi Cuaca Ekstrem/Pixabay
Ilustrasi Cuaca Ekstrem/Pixabay

JPOL – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut mengingatkan bahwa ancaman bencana tidak hanya terjadi saat musim hujan.

Potensi bencana di Garut juga terdapat pada musim pancaroba sehingga warga tetap diminta untuk waspada.

“Tak hanya saat musim hujan, ancaman bencana di Garut ini juga terdapat pada saat pancaroba atau pergantian musim. Oleh karena kami tetap ingatkan agar semua pihak tetap menjaga kewaspadaan,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan, Senin, 19 April 2021.

Dikatakan Tubagus, pada saat pancaroba seperti saat ini, kondisi cuaca tak menentu.

Ini harus menjadi perhatian dan diwaspadai karena bencana alam masih bisa terjadi kapan saja.

Kewaspadaan menurutnya bukan hanya harus dilakukan pemerintah akan tetapi juga semua kalangan termasuk masyarakat.

Dampak dari pancaroba maupun ancaman siklon tropis tak boleh diabaikan akan tetapi harus ada kesiapsiagaan dalam upaya pencegahan dan penanggulangannya.

Ia menuturkan, ada sejumlah ancaman bencana yang harus diwaspadai saat ini di antaranya gelombang tinggi, angin kencang, banjir, dan longsor.

Di wilayah Kabupaten Garut, ada banyak daerah yang memiliki potensi terhadap bencana tersebut.

Diungkapkan Tubagus, musim pancaroba diperkirakan akan berlangsung hingga bulan Mei.

Potensi bencana yang paling dikhawatirkan dalam kondisi cuaca seperti sekarang ini adalah terjangan angin kencang dan juga longsor.

“Untuk terjangan angin kencang ancamannya tersebar hampir di seluruh wilayah. Sedangkan untuk ancaman bencana alam longsor, paling tinggi terdapat di wilayah selatan meski potensinya juga tersebar di semua wilayah,” katanya.

Tubagus pun mengimbau kepada warga termasuk para pengguna jalan di wilayah selatan agar senantiasa hati-hati apabila terjadi hujan atau pascahujan yang cukup deras.

Kontur tanah yang labil di sebagian besar kawasan di selatan Garut sangat rawan terhadap bencana longsor.

Masih menurut Tunagus, selain longsor, para pengguna jalan yang melintas di wilayah selatan juga harus mewaspadai ancaman pohon tumbang yang banyak terdapat hampir di sepanjang ruas jalan.

Hujan deras serta tiupan angin kencang seringkali menyebabkan pohon-pohon yang ada di pinggiran jalan tumbang yang tentunya bisa membahayakan keselamatan para pengguna jalan.

“Tinggi sekali potensi bencana alam pada saat musim pancaroba atau ancaman siklon tropis di wilayah Garut ini, terutama di wilayah selatan. Intinya, kita harus tetap waspada guna mencegah hal yang tak kita harapkan,” ucap Tubagus.