Jalan Tikus Garut-Tasikmalaya Dijaga Ketat untuk Cegah Pemudik

oleh
Ilustrasi Mudik
Ilustrasi Arus Lalu Lintas

JPOL – Upaya untuk mencegah para pemudik dari luar masuk ke wilayah Garut terus dilakukan. Upaya penyekatan pun dilakukan bukan hanya di jalur-jalur utama akan tetapi juga di jalur alternatif atau jalur tikus termasuk yang ada di daerah pelosok.

Seperti yang dilakukan jajaran Muspika Singajaya, Kabupaten Garut misalnya. Untuk mencegah masuknya pemudik dari luar daerah, maka petugas ditempatkan untuk menjaga jalur yang biasa dilalui kendaraan termasuk jalur-jalur tikus.

“Kita lakukan penyekatan bukan hanya di jalur utama akan tetapi juga di jalur-jalur tikus. Seluruh jalur yang bisa digunakan masuk oleh warga dari luar, kita lakukan penjagaan ketat,” ujar Danramil 1117 Singajaya, Kapten Chb Khasanudin, Senin 3 Mei 2021.

Disebutkannya, salah satu jalur yang menjadi perhatian dan mendapat penjagaan ketat di wilayah Singajaya adalah perbatasan Garut-Tasikmalaya yang ada di wilayah Kecamatan Singajaya.

Jalur tersebut dicurigai akan banyak digunakan pemudik baik dari Tasikmlaya menuju Garut mauun sebaliknya, sehingga mendapat penjagaan ketat dari petugas gabungan termasuk TNI dan Polri.

Penyekatan yang dilakukan di jalur tikus seperti itu menurut Khasanudin perlu dilakukan guna mencegah pemudik yang nekad datang ke Garut meskipun harus melintasi jalur alternatif yang melintasi wilayah pelosok.

Apalagi pada hari-hari biasa, jalur itu pun cukup banyak digunakan warga dari Tasik yang mau beraktivitas ke Garut ataupun sebaliknya.

“Alhamdulillah ada sinergi yang baik antar lini di wilayah Kecamatan Singajaya ini untuk sama-sama mengamankan dan melaksanakan kebijakan pemerintah tentang larangan mudik guna pencegahan penyebaran Covid-19. Semua unsur mulai dari TNI, Polri, Dishub, Pol PP, dan petugas kesehatan turut terlibat dalam upaya penyekatan pemudik di jalur tikus ini,” katanya.

Khasanudin menyampaikan, kegiatan penyekatan ini dilakukan guna mengantisipasi adanya pergerakan penduduk yang mudik sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mencegah atau memutus rantai penyebaran Covid-19.

Untuk mensukseskan tujuan tersebut, tentunya upaya penyekatan bukan hanya harus dilakukan di wilayah perkotaan dan jalur-jalur utama akan tetapi juga di pelosok daerah apalagi daerah yang menjadi perbatasan dengan kabupaten lain seperti halnya Singajaya.