Dihentikan Petugas, Pemudik Pura-pura Kesurupan

oleh

JPOL – Ada-ada saja cara yang dilakukan warga supaya dapat lolos dari pantauan petugas di lokasi penyekatan mudik Lebaran 2021.

Hal unik yang menarik perhatian terjadi di pos penyekatan larangan mudik di Gerbang Tol Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Di lokasi tersebut, didapati pemudik yang berpura-pura kesurupan saat ditilang polisi tepatnya di pos penyekatan sebelum Tol Padalarang Timur, Kabupaten Bandung Barat, Selasa 11 Mei 2021, pukul 11.00 WIB.

Dalam video yang beredar luas di media sosial dan aplikasi percakapan, terlihat seorang pemudik bersepeda motor berpura-pura kesurupan. Hal itu diduga dilakukan agar dia bisa lolos dari penyekatan larangan mudik Lebaran 2021.

Menurut Kasatlantas Polres Cimahi AKP Sudir Riyanto, Selasa 11 Mei 2021, satuannya menghentikan dua pengendara sepeda motor yang berniat mudik dari Jakarta menuju Tasikmalaya.

Setelah diperiksa, didapati bahwa salah seorang di antara dua pemudik tidak memiliki surat-surat kendaraan lengkap.

Saat akan ditilang, pengemudi sepeda motor itu berpura-pura kesurupan dengan harapan tak jadi ditilang dan tak diputarbalikkan ke Jakarta.

“Kemudian salah satu kendaraan karena tidak mempunyai surat-surat kendaraan dilakukan penilangan, yang satu kendaraan temannya pura-pura kerasukan dengan harapan kami tidak memutarbalik pemudik tersebut,” kata Sudir saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel hari ini.

Alih-alih panik, polisi yang tahu aksi pria itu hanya sandiwara membiarkan dia berpura-pura kesurupan.

Setelah beberapa saat, karena aksinya tak ditanggapi serius oleh petugas, akhirnya pria yang pura-pura kesurupan itu sadar dan bersedia memutarbalikkan kendaraannya ke Jakarta bersama rekannya.

“Kami yakin dia pura-pura kesurupan kemudian tidak lama dia sadar sendiri saat dilakukan penilangan dan diminta putar arah,” kata Sudir.

Selama masa penyekatan larangan mudik Lebaran 2021, polisi mendapati berbagai cara yang dilakukan warga agar bisa lolos.