Gubernur Jabar Himbau Idul Fitri Tahun Ini Tidak Ada Kunjungan ke Tetangga dan Jiarah Kubur

oleh

JPOL – Lebaran di tengah pandemi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menunaikan salat Idul Fitri di kediamannya, Kamis, 13 Mei 2021.

Tidak seperti lebaran ketika sebelum pandemi, Ridwan kerap menunaikan ibadah salat Idul Fitri di lapangan Gasibu, Kota Bandung.

“Saya sendiri akan salat di kediaman (Gedung Pakuan), di belakang ada masjid juga. Jadi saya salat di rumah, seperti halnya pak presiden juga memutuskan salat tidak di Istiqlal tapi di Istana Bogor,” ujar Ridwan Kamil, Rabu, 12 Mei 2021.

Ridwan Kamil pun mengimbau agar kepala daerah juga sama melaksanakan ibadahnya di kediaman masing-masing.

“Kemudian, kami melarang ada kunjungan setelah salat id, antar tetangga saling mengunjungi ngobrol makan, buka masker itu potensi besar sekali kita tidak anjurkan,” ucap dia.

“Dan kita larang termasuk ziarah kubur dibolehkan setelah tanggal 16 Mei dengan menerapkan protokol kesehatan, jadi sebelum tanggal 16 kuburan akan ditutup,” lanjut Ridwan.

Pariwisata juga sama, harus taat aturan. “Jadi tidak betul narasi mudik dilarang, pariwisata dibuka. Pariwisata ditutup di zona merah dan zona oranye, tapi kalau dia zona hijau dan kuning diperbolehkan dengan kapasitas 50 persen,” kata dia.

Menurut dia, hal-hal tersebut telah disepakati dengan 27 kepala daerah di Jabar dalam pertemuan virtual, Rabu.

“Kesepakatakan seluruh kepala daerah di Jabar, malam takbiran tidak boleh ada takbiran keliling. Tapi takbiran silakan dilakukan di masjid atau musala dengan kapasitas 10 persen dan menerapkan prokes. DMI dan RT RW sudah dikoordinasikan, silakan menyebarkan takbiran secara virtual direkomendasikan,” kata dia.

Idul Fitri di zona merah dan oranye itu silakan idul fitri tapi di rumah saja. Zona kuning dan hijau dia bisa idul fitri di masjid sesuai syariat tapi pembatasan 50 persen.

“Zonasi ini bukan zonasi kabupaten ya, tapi zonasi RT atau RW yang ditetapkan satgas kota/kabupaten, jadi di Bandung itu macam-macam ya, yang merah tidak boleh tapi ya kuning dan hijau bisa,” kata dia.