Ridwan Kamil Larang Warga Jabar Mudik Lokal Saat Idul Fitri 2021

oleh
Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai rapat koordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat di Markas Kepolisian Daerah Jawa Barat, Kota Bandung, Selasa 16 Juni 2020. /DOK. HUMAS PEMPROV JABAR

JPOL – Hari Raya Idul Fitri 1442 H tinggal menghitung satu hari lagi.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kembali menegaskan aturan soal aktivitas mudik lokal yang dilakukan di satu daerah aglomerasi.

Sempat diizinkan pemerintah beberapa waktu lalu, kini aktivitas mudik lokal juga dilarang oleh pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

Menurutnya seluruh kegiatan yang mengatasnamakan Mudik Lebaran 2021 akan dilarang oleh pemerintah meskipun berada di satu daerah Aglomerasi.

“Contohnya orang yang tinggal di Kota Cimahi kerja di Bandung, itu tidak akan dirazia atau disekat namun tidak boleh dijadikan alasan untuk mudik.

“Kami dari satgas akan melakukan upaya juga, memilah-milah mana yang terlihat beberengkes, gayanya mau mudik maka itu yang kita larang,” kata Kang Emil di Kota Bandung beberapa waktu lalu.

Secara tegas, Ridwan Kamil menekankan tak ada lagi aktivitas yang namanya mudik di Jawa Barat.

Hal tersebut juga berlaku bagi kegiatan mudik lokal yang dilakukan masih dalam satu daerah aglomerasi.

“Mudik pada intinya dilarang, tidak ada istilah mudik lokal. Kita koreksi semua jenis mudik, mau di aglomerasi mau interaglomerasi.

“Interkota, interprovinsi, itu juga dilarang,” kata dia kembali.

Menurut Kang Emil pergerakan di kawasan aglomerasi, yakni antardaerah dalam satu kawasan, hanya diperbolehkan untuk kegiatan ekonomi.

Jika ada yang lolos mudik akan dilakukan pemberlakuan isolasi mandiri oleh satgas setempat.