Ridwan Kamil Buka Suara Terkait Surat Pemberhentian Mang Oded dan Penetapan Wali Kota Bandung Definitif

oleh
Ridwan Kamil

JPOL – Sebulan setelah Wali Kota Bandung Oded M. Danial wafat, status Walikota Bandung definitif yang seharusnya segera ditetapkan, hingga kini masih ramai jadi perbincangan.

DPRD Kota Bandung sendiri sudah menggelar Rapat Paripurna Istimewa terkait hal tersebut pada akhir tahun lalu, dan sudah menyampaikan surat keputusannya kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tiga pekan lalu.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan jika surat pemberhentian Wali Kota Bandung Oded M. Danial karena meninggal dunia sudah ditandatangani.

Pria yang akrab di sapa Emil ini pun mengklaim, sudah menyampaikan surat tersebut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Sudah ditanda tangan dari kapan-kapan. Jadi dari bawah tidak menyampaikan secara lengkap prosedurnya, sudah saya tegur, saya orangnya tidak suka lama-lama,” kata Emil di Gedung Sate, Rabu 12 Januari 2022.

Emil menyatakan, dia tidak mendapat informasi lengkap terkait prosedur yang lengkap dari bawahannya soal proses pemberhentian kepala daerah.

Dia pun menyampaikan, setiap dua hari sekali menerima berkas atau surat yang harus ditandatangani dari Biro Kerjasama dan Umum.

“Karena setiap dua hari (melakukan penandatanganan), dan didalamnya ada masalah itu (surat dari DPRD kota Bandung) sudah saya perintahkan harusnya sudah,” ujarnya.

Emil menegaskan, Kepala Biro Kerjasama dan Umum yang bertanggung jawab mengenai hal tersebut, sudah mendapatkan teguran. Ini dimaksudkan agar lebih hati-hati karena dikhawatirkan berpotensi menjadi tafsir yang keliru.

“Kalau ada kendala-kendala birokrasi di bawah sudah saya tegur karena berpotensi jadi tafsir yang keliru. Sudah saya bilang, dua-duanya sudah saya tanda tangan. Sudah ya,” pungkasnya.

Sumber: PRFMNews