Kampus UPI Segera Dibangun di Subang, Kang Jimat Optimis Akan Hal Ini

oleh

SUBANG, JPOL – Bupati Subang H. Ruhimat melaksanakan Rapat Koordinasi terkait pelaksanaan pembangunan Kampus UPI Subang, bertempat di Aula Abdul Wahyan, Rumah Dinas Bupati. Kamis, 24 Februari 2022.

Rapat koordinasi ini dalam rangka menjalin komunikasi, kerjasama dan mencari solusi dalam mengatasi masalah yang akan timbul dalam proses pembangunan.

Rektor UPI Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., M.A. Menceritakan tentang Badan Usaha Milik Kampus (BUMK) yaitu UPI Edun, dimana UPI Edun melahirkan berbagai kegiatan yang extraordinary.
Dirinya juga mengajak untuk berkolaborasi dalam Pentahelix. Dirinya mengatakan, bahwa tanpa kolaborasi maka tidak akan terlaksana berbagai program extraordinary yang ingin dicapai.

Prof. Solehuddin mengatakan, bahwa dengan dibangunnya UPI Subang tersebut, akan menggantikan UPI Bandung. “UPI Bandung, 100% harus pindah ke Subang”

Prof. Solehuddin menyampaikan pembangunan UPI akan berdampak pada perekonomian, baik bagi pemerintah maupun masyarakat sekitar. Kemudian Prof. Solehudin menyampaikan bahwa implikasi dari pertemuan ini adalah untuk membuat tim khusus dari Pemda, UPI dan PTPN VIII.
“Gubernur berpesan, Kampus yang pindah, harus memberikan kesan yang nyaman, kesan kawasan pendidikan”

Prof. Solehuddin juga menyampaikan bahwa kehadiran UPI, bukan hanya untuk membangun kampus, tapi juga untuk membangun lingkungan sekitar. “Hadirnya UPI Akan memunculkan pusat pendidikan, pusat wisata, dan pusat lainnya”

Pada kesempatan tersebut, ditayangkan pula cuplikan video masterplan pembangunan UPI Subang dengan berbagai fasilitas didalamnya.

Sementara itu, Kapolres Subang AKBP Sumarni menyampaikan dengan akan dibangunnya UPI di Subang, maka perlu dilakukan sosialisasi. Dirinya mengungkapkan masyarakat yag terdampak, saat ini meminta relokasi dan modal untuk memulai kembali usahanya. “Kita perlu intensif berkomunikasi dengan kades terkait, sehingga kades mengkondusifkan dengan warganya” pesannya.

Dandim 0605 Letkol (Czi) Irsad Wilyarto menyampaikan dilapangan Kodim akan berkoordinasi dengan Polres untuk mengkondusifkan situasi dan menyatakan bahwa keuntungan dan kemanfaatan harus bisa dirasakan semua pihak. “kami akan mendukung dan mensupport pembangunan dapat berjalan lancar, Kami siap mensupport demi kemajuan Subang”

Sementara itu, Kang Jimat dalam sambutannya menyampaikan bahwa dirinya menunggu action atas pembangunan Kampus UPI. Dirinya juga mengapresiasi berbagai pihak dan menyambut baik akan hal perpindahan UPI Bandung ke Subang. Kang Jimat optimis apabila UPI telah terbangun, maka akan memberikan dampak ekonomi yang besar bagi Subang.
“Insha Allah cita cita harapan dan keinginan, sesuai dengan harapan Subang Jawara, Mudah mudahan Subang bisa menjadi kota pendidikan”

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan pula penandatanganan MoU kerjasama rencana pembangunan UPI Subang, oleh PT. Subang Sejahtera dan PT. UPI Edun yang disaksikan langsung oleh Kang Jimat dan Rektor UPI. Kerjasama ini merupakan amanat dari Kang Jimat, dimana BUMD harus diberdayakan di segala bidang.

Turut hadir Staf Ahli Sekretariat Negara, Perwakilan Polda Jabar, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Dandim 0605 Subang, Kapolres Subang, Perwakilan PTPN VIII, Kadis Pertanian, Kacab BJB Subang, Kacab BTN Bandung, Direktur PT. UPI Edun, Dirut PT. SS, Ketua Apindo, serta tamu undangan lainnya. (adv)