Kang Jimat Tanama Phon Bersama BUMN Pertahanan

oleh

SUBANG, JPOL – Bupati Subang H. Ruhimat melaksanakan penanaman bibit pohon berkolaborasi dengan TJSL BUMN Industri Pertahanan, bertempat di Talaga Sunda. Kamis, 19 Mei 2022.

Kegiatan ini merupakan program prioritas TJSL Kementerian BUMN salah satunya yaitu pelestarian alam lingkungan hidup sebagai bentuk dukungan kepada program pemerintah provinsi Jawa Barat bidang lingkungan hidup yaitu gerakan tanam dan pelihara pohon dan juga sebagai dukungan atas program Pemkab Subang yaitu penanaman 3 juta pohon. Pada kesempatan tersebut dilaksanakan Penanaman 5000 bibit pohon seperti Pohon Jengkol, Salam, Melinjo, Mahoni Afrika dan Kamper.

Perwakilan Direktur TJSL BUMN Pertahanan Doni Gunawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Menanam adalah Melawan, yaitu untuk melawan pemanasan global. Dirinya juga mengatakan bahwa Menanam juga sangat bergunan untuk memberikan pesona atas lingkungan. Pada saat ini sendiri, Doni juga mengatakan bahwa TJSL Pertahanan akan menanam 5000 pohon.

“Pemanasan global bukan wacana, makannya kita harus melawan pemanasan Global”

Kadis Kehutanan Provinsi Jawa Barat Dodit Pancapana, MSC., menyampaikan kekagumananya kepada Kang Jimat atas inisiasinya yang peduli terhadap lingkungan, dan bercita-cita untuk Subang tetap menghijau.

“Mari kita sama sama gerakan dengan dinas pendidikan, anak anak untuk hadir pada penanaman pohon dimanapun sehingga ada semangat”

Dodit juga mengajak semua pihak untuk terus memikirkan dan mengembangkan penghijauan.
“Insha allah kami akan selalu mendukung progam penghijauan yang bapak Bupati adakan”

Kegiatan dilanjutkan dengan Penyerahan bibit pohon kepada Ketua RW 18 Kelurahan Dangdeur Tedi dan juga penyerahan mesin pemotong rumput yang diberikan kepada Kadis LH oleh Sekretaris PT. Dahana, Bayu Anggoro. Pada kesempatan tersebut juga disenyerahkan sertifikat dan ucapan terima kasih atas kontribusi terhadap lingkungan dari kadis perhutanan Prov. Jawa Barat kepada Koordinator TJSL Doni Gunawan dan Dari Kang Jimat kepada Sekretaris PT. Dahana Bayu Anggoro. Selain itu, diserahkan Penghargaan Sekolah Berbudaya Lingkungan Adiwiyata dan juga Penghargaan Penggiat Lingkungan tingkat Kabupaten Subang oleh Kang Jimat.

Kang Jimat dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran BUMN Industri Pertahanan atau Defend id yang mendukung kelestarian lingkungan di Kabupaten Subang. Kang Jimat menyatakan bahwa penghijauan akan memberikan dampak yang sangat baik. “Saya percaya ini bukan hanya sekedar seremonial, terlebih kegiatan ini bukan hanya sekali dua kali”

Kang Jimat juga meminta bantuan dan Support kepada Dinas Pehutanan untuk memberikan Bibit dalam penghijauan di Kabupaten Subang.

“Semoga menjadi sebuah kesadaran bagi para pengusaha, bukan hanya mencari keuntungan, tapi juga kesadaran terhadap lingkungan”

Kang Jimat juga mengucapkan selamat kepada penerima penghargaan Adiwiyata yang telah mendidik anak anak didik untuk hari esok Bumi yang lebih baik dan lestari. “Insha Allah anak cucu kita akan menyadari betapa pentingnya lingkungan, lanjutkan prestasi bapak ibu, dan berikan kesadaran lingkungan hidup kepasa anak anak didik”

Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon bersama oleh Kang Jimat beserta jajaran Direksi BUMN.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kadis LH, Kepala Bappeda, Kepala BPBD, Kadis DP2KBP3A, Perwakilan Direksi BUMN TJSL Pertahanan (PT. DAHANA, PT. LEN Industri, PT. DI, PT. PAL Indonesia, PT. PINDAD), Muspika Kecamatan Subang, para Kepala Sekolah serta tamu undangan lainnya. (adv)