Jatinangor National Flower Park Siap Dibuka, Begini Kata Bupati Sumedang

oleh
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir didampingi Direktur Utama/Presiden Director BGG M. Tachril Sapi'ie saat mengunjungi pembagunan Jatinangor National Flower Park . /kabar-priangan.com/Devi Supriyadi/

JPOL – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengungkap bahwa wilayah Jatinangor akan memiliki tempat wisata baru kelas dunia atau internasional berkonsep outdoor (luar ruangan) bernama ‘Jatinangor National Flower Park’.

Tempat wisata baru Jatinangor National Flower Park dibangun di atas lahan seluas 8 hektar di komplek Bandung Giri Gahana Golf dan Resort (BGG), Cibeusi, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Dony menjelaskan, konsep Jatinangor National Flower Park akan menghadirkan ribuan jenis bunga aneka warna, kastil, dan masjid megah bergaya khas Kremlin, Rusia. Juga sajian kuliner dan fasilitas pendukung lainnya.

Akses rute jalan menuju Jatinangor National Flower Park, kata Dony, semakin mudah bagi wisatawan dari luar daerah seperti Kota Bandung, Jakarta, dan lainnya berkat keberadaan Tol Cisumdawu.

“Ini akan menjadi wisata kelas dunia yang menjadi magnet wisatawan datang ke Sumedang, aksesnya sangat mudah karena sudah ada Tol Cisumdawu keluar Jatinangor, keluar Cileunyi bisa langsung ke sini,” ucapnya, dikutip prfmnews.id dari laman Pemkab Sumedang pada Jumat, 20 Mei 2022.

Meski didesain sebagai tempat wisata bertaraf dunia, Dony memastikan Jatinangor National Flower Park tetap akan menghadirkan ciri khas budaya Sumedang sebagai identitas pembeda dengan tempat wisata serupa lainnya di Indonesia.

Selain itu, ia juga menuturkan bahwa para pekerja proyek pembangunan taman bunga tersebut berasal dari warga asli Sumedang. Nantinya, tempat rekreasi ini akan cantik dan Instagramable, juga cocok dikunjungi sebagai lokasi wisata keluarga.

“Saya minta, sebanyak-banyaknya memberdayakan masyarakat dari wilayah Desa Cileles, Cilayung, dan Cibeusi. Setelah tenaga kerja terserap, ekonomi kecil akan tumbuh otomatis menggerakan ekonomi masyarakat Sumedang,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama BGG M. Tachril Sapi’ie menargetkan pembangunan Jatinangor National Flower Park akan selesai dan siap dibuka untuk publik pada Agustus 2022.

“Tahap pertama mudah-mudahan segera selesai, dan rencananya mulai dibuka Agustus ini,” tuturnya.

Tachril pun mengapresiasi pihak Pemkab Sumedang yang telah mendukung para investor. Oleh karena itu, sejalan dengan Dony, ia juga mengungkapkan bahwa taman bunga ini nantinya akan membawa ciri khas Sumedang.

via PRFM News