Kang Akur Pimpin Upcara Harkitnas: Ayo Bangkit Bersama

oleh

SUBANG, JPOL – Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi laksanakan Upacara Hari Kebangkitan Nasional tk Kab. Subang yang bertempat di Halaman Kantor Bupati, Jumat, 20 Mei 2022.

Pada momentum upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi yang akrab disapa Kang Akur, bertugas sebagai Inspektur Upacara dan membacakan naskah Sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114 pada tahun ini mengusung tema “Ayo Bangkit Bersama” sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Kang Akur Peringatan hari kebangkitan nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Namun, guna memahami esensi sejarah kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan hari kebangkitan nasional.

Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno Menetapkan Hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari belanda yang ingin kembali berkuasa. sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

Dalam Sambutannya, Kang Akur menekankan semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Di tengah krisis pandemi covid-19 dan konflik Ukraina – Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.

Pada Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran indonesia sebagai presidensi G20 tahun 2022. Pada presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di Masa depan.

Hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah DR. Sutomo untuk memperingati hari kebangkitan nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi covid-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda Dunia. Pungkas Kang Akur dalam sambutannya.

Turut hadir dalam agenda upacara tersebut, diantaranya jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah Kab. Subang, Asda 2 dan 3, Para Sahli, Para Camat Se-Kab. Subang, dan ASN yang ada di lingkungan Pemkab. Subang (adv)