Ruwat Bumi, Kang Jimat : Ini Bukti Syukur Kepada Allah SWT

oleh

SUBANG, JPOL – Bupati Subang H. Ruhimat menghadiri Ruwat Bumi bersama Masyarakat Desa Jatibaru, Kecamatan Ciasem. Kamis, 4 Agustus 2022.

Antusias warga sangat terlihat ketika Bupati Subang yang akrab disapa Kang Jimat sampai di lokasi kegiatan, dimana warga berbondong-bondong menyambut kedatangan Kang Jimat beserta rombongan yang menaiki Sisingaan yang merupakan salah satu kesenian khas Kabupaten Subang.

Camat Ciasem Eza Zhaiton Thowi Ansari, A.P., M.Si dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran Kang Jimat, dan berharap atas kehadiran Kang Jimat memberi motivasi untuk warga Desa Jatibaru menuju Subang Jawara.

“Terima kasih atas kehadiran bapak, kami berharap kehadiran bapak menjadi motivasi bagi kami dalam mewujudkan subang jawara”

Sementara itu, Kang Jimat membuka sambutannyanmenyampaikan salam khas Subang, di mana dirinya yakin dengan Gotong Royong, akan memberikan kemudahan dalam segala hal di kehidupan bermasyarakat. “Mudah mudahan dengan gotong royong akan memberi kemudahan untuk segala hal.” Tegas Kang Jimat.

Terkait kegiatan yang dilaksanakan, Kang Jimat mengapresiasi kegiatan tersebut karena hal tersebut sebagai bukti syukur kepada Allah SWT.

“Terkait kegiatan hari ini apresiasi saya kepada warga desa jati batu dimana dina raraga ruwat bumi, untuk kita membuktikan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Kita wajib bersyukur kepada Allah, sekaligus untuk melestarikan budaya leluhur kita, mudah mudahan mampu dipertahankan setiap tahun.”

Selanjutnya, Kang Jimat pun menyampaikan terkait hari esok Subang yang akan menuju era industrialisasi. Kang Jimat menyatakan akan tetap menjadikan Jatibaru untuk tetap menjadi kawasan pesawahan. Selain itu, Kang Jimat juga mengajak kepada generasi muda untuk terus semangat dalam belajar.

“masalah sawah didieu ku simkuring bakal moal dijadikeun industri, kita pertahankan untuk sawah, da moal mungkin beas diganti ku biji plastik. Bagi kaula muda anu can boga kegiatan, wayahna bantuan emak bapak ka sawah, jangan tinggal diam. Bagi yang masih sekolah, sungguh sungguh dalam belajar, jangan sampai nanti kalah oleh pendatang.”

Kang Jimat juga memohon maaf atas tidak maksimalnya pembangunan di Kabupaten Subang. Dirinya menyatakan bahwa hal tersebut dikarenakan adanya Covid19 yang melanda dunia, sehingga mengakibatkan refocusing anggaran. Namun demikian, dirinya menjamin dirinya tidak akan menyalah gunakan anggaran yang ada.
“2 tahun kita terjadi wabah musibah covid, tentunya saya atas nama pemerintah daerah mohon maaf bapak ibu semua pelaksanaan pembangunan fisik tidak bisa maksimal, karena anggaran yang ada habis digunakan untuk pembiayaan covid, yang jelas saya akan mencoba amankan anggaran yang ada untuk tidak saya salah gunakan saya menjamin itu.”

Kang Jimat juga mengajak semua masyarakat khususnya Warga Desa Jatibaru untuk melaksanakan Vaksinasi hingga dosis 3, sehingga dapat memberikan ketahanan tubuh dari Covid-19.
“Mudah mudahan covid tidak muncul lagi, supaya kita bisa lebih maksimal untuk pembangunan fisik. Jadi supaya tidak muncul lagi, mohon maaf, warga Jatibaru tolong vaksin kudu 3 kali supaya sehat.”

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Gunungan kepada Kepala Desa Jatibaru sebagai simbol dimulainya Ruwat Bumi di Desa Jatibaru.

Turut hadir mendampingi Kang Jimat, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat serta Kepala Dinas PUPR Subang. (adv)