Ini Alasan Sumarna ikut Interplasi

oleh
Caption: U Sumarna Anggota Dewan Dprd Subang Fraksi Gerindra

Subang, JPOL- Sumarna, anggota DPRD Kabupaten Subang dari Fraksi Gerindra, menjadi salah seorang yang turut mengusung hak Interpelasi. Ini alasan Sumarna hingga dirinya mengusung hak interpelasi.

Menurut Sumarna, Eksekutif bersikap diluar nalar perhitungannya. Kepada JPOL, Selasa (20/9/2022) Sumarna mengatakan, banyak potensi pendapatan yang targetnya malah turun.

“Coba kita kaji, kenapa Pemkab Subang malah bisa devisit? Sementara kalau dilihat dari potensi pendapatan, seharusnya tidak akan devisit,” ujar Sumarna.

Sumarna mencontohkan, dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan. Seharusnya pendapatan tahun 2022, bisa lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

“Sebab nilai NJOP sudah naik, kesadaran masyarakat untuk membayar PBB sudah tinggi, jadi sangat tidak masuk akal, kalau target PBB tidak tercapai,” tegas Sumarna.

Yang lainnya, tambah Sumarna, dari PPHTB. Kabupaten Subang, menurut Sumarna, merupakan salahsatu “surga” bagi pelaku ekonomi, hingga tiap tahun, terus berdiri bangunan pabrik.

“Untuk satu pabrik, tidak kurang dari 10 hektare, jadi pendapatan dari PPHTB, akan sangat besar. Tapi, perolehan di Pemda, malah sedikit, ini kan sangat tidak rasional,” jelas Sumarna.

Oleh karenanya, menurut Sumarna, dirinya ingin menanyakan ke Bupati Kabupaten Subang, alasan pemerintah Kabupaten Subang sampai menderita devisit anggaran pada tahun berjalan.

“Ini harus dibuka selebar-lebarnya, jangan sampai ada persepsi negatif di masyarakat. Jangan sampai ada anggapan, jika pemerintah dibawah kepemimpinan H. Ruhimat, tidak mampu bekerja,” ucap Sumarna.

Penulis: Agus Eko MS
Editor: @gusekoms